Scroll to Top

Lionel Messi: 301 Gol dan Ratusan Lagi?

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 28 Oct 2012

Lionel Messi 301 Gol dan Ratusan Lagi

Dengan dua gol yang dilesakkan ke gawang Rayo Vallecano, Lionel Messi resmi telah mencetak 301 gol sepanjang karier profesionalnya. 270 dari gol-gol tersebut lahir ketika ia berkostum Barcelona. Mengingat King Leo bahkan baru beranjak ke usia emas, bukan tidak mungkin ia akan memborong ratusan gol lagi. Mencetak 1000 gol di partai resmi? Sesuatu yang mungkin mustahil, tapi bisa jadi dapat dilakukan oleh sang Messiah.

Beruntunglah mereka yang selama delapan tahun ini menyaksikan sosok Lionel Messi. King Leo, lahir seperti untuk memecahkan semua rekor yang pernah ditorehkan para legenda sepakbola dunia. King Leo, hadir seperti untuk menyihir kita, dan membuat para lawannya di lapangan berkata, “Kapan dia berhenti mencetak gol; dan kapan dia tampil buruk?”.

Ya, Messi baru saja mencetak gol ke-300 dan ke-301-nya ke gawang Rayo Vallecano saat Barca menggilas klub distrik Vallecas dengan skor telak 0-5. Ini dibuatnya ketika  masih berusia 25 tahun! Sebuah catatan yang bahkan akan membuat puluhan penyerang kelas dunia, duduk berkhayal mencapai prestasi Messi.

Bersama Barcelona, 270 gol sudah dilesakkan si nomor 10. Jumlah ini meningkat pesat dari tahun ke tahun. Terutama sejak musim 2008-09 kala Pep Guardiola menemukan skema ‘false nine’. Sejak saat itu hingga kini, dalam waktu kurang dari lima tahun, Messiah telah mengemas 228 gol. Alias, 84% golnya di tingkat klub, didapatkan King Leo dalam periode keemasan Barcelona.

Tak hanya di tingkat klub, Lionel Messi menggila. Di timnas Argentina pun demikian. Hingga dua tahun lalu, kita bisa berkata, King Leo hanya bersinar bersama Barca. Kini tak lagi. Dalam 8 pertandingan tim tango tahun ini, Messi sudah menjejalkan 12 gol! Total sudah 31 gol diborong Messi bersama timnas Argentina.

Lionel Messi

301 gol di usia 25 tahun. Andai ia berada dalam performa seperti saat ini, mencetak 60-70 gol setiap musim, dan Messi masih bermain hingga usia 33-35 tahun, kita tak bisa membayangkan berapa ratus gol yang akan dibuatnya. 500? Ah mungkin terlalu sedikit. 800 atau 900? Itu adalah titik paling mungkin. Atau malah 1000 gol dan lebih? Mengapa tidak?

Total, dari 301 gol yang dibuat oleh King Leo, kaki kirinya memang tiada banding. 246 gol dibuatnya dari kaki kiri. Selebihnya adalah 41 tembakan kaki kanan, 12 tandukan, 1 badan (dada saat melawan Estudiantes di Piala Dunia Antar Klub 2009) dan satu lagi dengan tangan (saat melawan Espanyol pada musim 2006-07).

13 gol yang dibuatnya sepanjang awal Liga Spanyol ini, membuat Messi menyamai catatan Salva Ballesta pada musim 1999-2000. Ketika itu, Salva yang berkostum Racing Santander juga mencetak 13 gol dalam 9 laga.

Kini, 2 gol lagi Messi akan menyamai  rekor gol Pele dalam setahun. Sang legenda Brazil mencetak 75 gol di tahun 1958. Dan 12 gol lagi, King Leo akan setara dengan Gerd Muller dengan 85 gol pada tahun 1972.

Tanpa perlu Messi melewati catatan-catatan ini, mungkin 10 atau 15 tahun lagi, kita akan menjadi salah satu dari sekian orang yang menyimpan memori: pernah menyaksikan sendiri salah satu pemain terbaik sepanjang masa, berlaga dan menghibur semua orang dengan sihirnya. Apalagi jika Sang Messiah mampu melampauinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda