tips cegah uban datang

Uban atau rambut putih yang tumbuh sebelum waktunya dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Tapi jangan khawatir, ada cara sederhana cegah uban prematur yang datang sebelum waktunya tersebut. Berikut diantaranya seperti dilansir situs Boldsky:

  • 1. Santai.

Santai adalah salah satu kunci mencegah uban datang sebelum waktunya. Jika Anda tegang dan stress, maka hormon tubuh terganggu. Termasuk juga diantaranya adalah hormon yang mengatur pertumbuhan rambut. Ini menyebabkan uban prematur datang.

  • 2. Jangan merokok.

Merokok adalah biang keladi munculnya berbagai penyakit, termasuk juga penuaan dini. Racun yang ada dalam rokok bisa merusak berbagai fungsi tubuh, termasuk juga rambut.

  • 3. Kurang minum.

Dehidrasi akibat kurang minum membuat nutrisi yang ada pada makanan tak dapat disampaikan ke berbagai bagian tubuh, termasuk ke folikel rambut. Ini membuat pertumbuhan rambut terganggu termasuk juga pigmen pewarnanya.

  • 4. Kurang mineral dan zat besi serta protein.

Pertumbuhan rambut dipengaruhi pada konsumsi zat besi dan mineral juga protein. Jika kedua zat ini kurang, maka pertumbuhan rambut pun akan terganggu dan bisa menyebabkan uban muncul lebih dini.

  • 5. Kurang tidur.

Tubuh memperbaiki berbagai sel yang rusak pada saat tidur. Jika kurang tidur, maka sel-sel tubuh akan kekurangan waktu untuk meregenerasi sel tubuhnya dan ini menyebabkan uban mudah timbul.

  • 6. Mencabuti uban.

Mencabut rambut putih atau uban akan membuat syaraf di bawah kulit kepala terganggu. Termasuk juga mengganggu syaraf yang mengatur dan memproduksi warna rambut. Biarkan saja jika uban Anda telah tumbuh. Mencabutnya tidak akan membuat uban Anda berhenti tumbuh.