Scroll to Top

Persib: Umuh Muchtar Tak Yakin Bandung Raya Bertahan Lama

By Aditya / Published on Monday, 29 Oct 2012

Persib Bandung Raya

Kabar mengenai kebangkitan Bandung Raya memang sedang hangat-hangatnya. Klub yang berasal dari kompetisi Galatama dan peraih juara Liga Indonesia musim 1995/1996 itu merupakan rival sekota Persib Bandung. Namun, manajer Persib, Umuh Muchtar, tidak yakin Bandung Raya bisa bertahan lama.

Antara Persib Bandung dan Bandung Raya memang pernah terjalin aroma persaingan yang cukup ketat untuk membuktikan tim mana yang berhak menyandang gelar sebagai penguasa Paris van Java.

Kekuatan kedua tim di era 1990-an pun relatif berimbang dengan diperkuat oleh deretan pemain bintang pada zamannya. Semusim sebelum Bandung Raya merebut gelar juara Liga Indonesia, tahta terlebih dulu dikuasai oleh Persib yang menjuarai Liga Indonesia musim 1994/1995.

Selain itu, kehadiran Bandung Raya dan Persib pun memecah konsentrasi di level suporter. Ada yang mendukung Bandung Raya, namun tidak sedikit pula Bobotoh yang mengibarkan panji-panji Persib. Namun, menurut Umuh Muchtar, saat itu pun pendukung Persib lebih banyak ketimbang Bandung Raya.

Tidak hanya itu, Umuh Muchtar juga menyangsikan Bandung Raya bisa bertahan lama setelah bangkit nanti. Klub yang berdiri sejak 17 Juni 1987 itu memang mengalami masa kejayaan di pertengahan dekade 1990-an, namun tiba-tiba lenyap tanpa bekas setelah musim 1996/1997.

“Waktu zaman Bandung Raya masih bagus pun, dukungan Bobotoh tidak sebesar dukungan ke Persib kok. Justru malah saya menyangsikan Bandung Raya bisa bertahan lama,” kata Umuh Muchtar..

Berbeda dengan pelatih Persib, Jajang Nurjaman, yang justru tertantang dan mendukung kebangkitan Bandung Raya, Umuh Muchtar justru mempertanyakan kapabilitas tim tersebut apakah layak berada di Indonesia Super League (ISL) atau tidak. Seperti diketahui, Bandung Raya kemungkinan bisa langsung ke ISL lantaran berafiliasi dengan Pelita Jaya.

“Tapi perlu dipertimbangkan klub baru tersebut (Bandung Raya) layak berada di ISL atau tidak,” tandas Umuh Muchtar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda