Scroll to Top

Hasil Liga Spanyol: Levante Menang, Athletic Bilbao Tumbang

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 29 Oct 2012

Levante vs Granada

Levante sukses menerobos masuk ke zona Europa League setelah sukses memetik kemenangan atas Granada dengan skor 2-1 dalam lanjutan Liga Spanyol pada Minggu, 28 Oktober 2012. Sementara itu, Athletic Bilbao kembali melanjutkan performa buruk mereka setelah dihantam oleh tim tamu Getafe di kandang sendiri, San Mames. Hasil Liga Spanyol ini membuat posisi Athletic hanya dua tingkat di atas zona degradasi.

Levante dan Athletic Bilbao adalah dua klub yang benderang musim lalu. Awal musim ini, kedua tim sama-sama tak menikmati perjalanan tak menyenangkan. Bedanya, Levante di bawah komando pelatih JIM (Juan Ignacio Martinez) mampu kembali bangkit, sedangkan Athletic Bilbao yang dilanda krisis kepercayaan fans, masih terus terpuruk.

Bermain di Ciutat de Valencia menghadapi Granada, Levante tancap gas sejak awal. Obafemi Martins langsung membobol gawang Tono di menit 12 memanfaatkan kesalahan Inigo Lopez. Unggul cepat membuat tuan rumah terus mengontrol jalannya laga.

Namun, gol kedua baru lahir di menit 60. Ketika Granada mencoba bermain ofensif dan melupakan penampilan buruk sebelum turun minum, saat itu pula Martins sekali lagi menaklukkan Tono. Akhir pertandingan sudah ditentukan selang 16 menit kemudian. Pedro Rios yang muncul dari bangku cadangan, menambah luka klub Andalusia memanfaatkan assist Michel, sesama pemain pengganti.

Upaya Granada untuk memperkecil kekalahan, hanya bisa menemui jalan di menit 83 lewat Youssef El-Arabi. Bagi Levante, kemenangan ini tidak hanya membawa mereka beranjak ke zona Europa League. Tetapi juga menjadi kado tersendiri bagi penampilan ke-100 klub kecil tersebut di Liga Spanyol.

Sementara Levante melesat, Athletic Bilbao justru kembali tenggelam. Bermain di kandang sendiri, San Mames, pasukan Marcelo Bielsa justru dipermalukan tim tamu Getafe dengan skor 1-2. Pesta El Geta yang dimulai oleh gol Juan Rodriguez di menit 12, disusul oleh Alvaro Vazquez setelah 13 menit babak kedua berjalan. Aksi Mikel San Jose di penghujung laga tak mampu meredam kekalahan kelima Rojiblancos dalam sembilan partai pertama La Liga.

Ini adalah kekalahan kelima pula dalam enam pertandingan terakhir kubu San Mames. Terpuruk di Europa League dan Liga Spanyol, adalah hal tak tergambarkan ketika Athletic memulai musim dengan status runner-up Eropa dan Copa del Rey.

Hasil Pertandingan

Levante vs Granada 3-1 (Obafemi Martins 12′ dan 61′, Pedro Ríos 73’/ Youssef El-Arabi ’83)

Athletic Bilbao vs Getafe 1-2 (Mikel San José 90’/Juan Rodríguez ’12, Alvaro Vazquez ’58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda