Scroll to Top

PSSI Harus Mampu Bangun Kepercayaan Pemain!

By Aditya / Published on Monday, 29 Oct 2012

Suporter Demo

PSSI sebagai otoritas tertinggi sepakbola nasional harus mampu membangun kepercayaan kepada pemain terkait dengan pemanggilan mereka ke Timnas Indonesia. Hingga kini, tim Garuda bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin yang diasuh oleh Nil Maizar maupun tim Garuda Muda besutan Aji Santoso memang belum mampu merangkul para pemain dari Indonesia Super League (ISL) lantaran dilarang oleh klub masing-masing.

Aktivis HAM dan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras), Usman Hamid, yang turut serta dalam aksi damai suporter untuk mendukung timnas di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (25/10/2012), menyatakan bahwa PSSI harus tegas dan mampu meyakinkan pemain agar mau bergabung ke timnas.

Para pemain ISL memang tengah kebingungan lantaran harus memilih apakah memperkuat Timnas Indonesia PSSI atau menuruti keinginan klub. Opsi yang dipilih akhirnya pilihan kedua karena klub-lah yang membayar para pemain tersebut.

“Ya saya tahu, semua pemain mempunyai klub di mana mereka bekerja. Tetapi PSSI mestinya mampu membangun kepercayaan kepada pemain agar mereka mau datang. Ada jaminan kebebasan untuk pemain, sehingga pemain punya sikap, mereka tidak bingung” ujar Usman Hamid.

”Semua pemain itu berhak membela negaranya. Di sinilah pemain yang menjadi kunci,. Pemain diminta segera menentukan sikap dan tidak melulu seperti kebingungan saat dipanggil ke tim nasional. PSSI juga diminta untuk memberi jaminan dan ketenangan buat mereka,” lanjutnya.

Sepakbola seharusnya menjadi media pemersatu, bukan justru menjadi alat untuk memecah-belah. Usman Hamid menghimbau kepada semua pihak yang bertikai agar menghargai para pecinta sepakbola yang ingin melihat Timnas Indonesia beraksi tanpa perpecahan.

“Saya sendiri merasa sangat prihatin. Kita di sini harus mencari jalan tengah. Sepakbola adalah energi yang besar. Cobalah untuk semua pihak melihat semangat masyarakat yang ingin melihat semua pemain membela timnas,” tandas Usman Hamid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda