Scroll to Top

Profil Pembalap MotoGP: Karel Abraham

By Rheza Fadhlillah / Published on Friday, 12 Aug 2011
Karel-Abraham-profile
  • Nama: Karel Abraham
  • Tanggal Lahir: 2 Januari 1990
  • Kebangsaan : Republik Ceko
  • Umur : 21 Tahun
  • Tim (Status):  Ducati Cardion AB (Pembalap)

 

 

Buat sebagian penggemar balap MotoGP, mungkin nama seperti Karel Abraham masih asing di telinga mereka. Bahkan bagi mereka yang juga menaruh perhatian terhadap balapan di bawah kelas MotoGP seperti kelas Moto2 dan kelas 125cc.

Karel Abraham boleh dibilang sebagai pembalap ‘spesial’. Ia tidak memulai karir dari nol seperti kebanyakan pembalap.

Ayahnya yang merupakan pemilik Sirkuit Brno juga pemilik perusahaan Cardion dengan mudah mewujudkan cita-cita anaknya membalap di kelas tertinggi MotoGp dengan mebuatkannya sebuah tim balap bernama Cardion AB yang disponsori oleh perusahaan ayahnya.

Debut pembalap asal ceko di kelas 125cc pada tahun 2005 hingga tahun 2006 tidak berjalan mulus. Di musim perdananya ia gagal raih poin hingga akhir musim, sementara di musim berikutnya ia hanya mampu mengumpulkan 8 poin dari keseluruhan seri musim 2006 dan berada diurutan ke 24 klasemen pembalap.

Tahun 2007 ia berpindah kelas ke 250 cc, dua musim berturut-turut ia hanya mampu berada di urutan ke-16 klasemen akhir. Di musimnya yang ketiga pada tahun 2009, Abraham melakukan peningkatan dengan berada di urutan ke-14 klasemen akhir.

Tahun 2010 ketika kelas 250cc berganti menjadi kelas Moto2 dengan mesin 600cc, Abraham berhasil menunjukan peningkatan yang lumayan. Ia sukses meraih podium pertamanya di Motegi dengan finis di urutan ketiga  dan kemudian dilanjutkan dengan menjadi juara pada GP Valencia yang merupakan seri pamungkas pada musim 2010.

Karel-Abraham-pic

Tahun 2011 Abraham memutuskan untuk naik ke kelas para raja yaitu kelas MotoGP. Kepindahannya ke kelas Motogp menuai kritik dari beberapa pihak yang menganggap Abraham belum cukup matang untuk bertarung di kelas tertinggi gelaran balap MotoGP.

Namun Abraham seolah membuktikan dirinya pantas bertarung dikelas para raja pada musim perdananya. Dalam sejumlah kesempatan Ia beberapa kali berhasil menjadi pembalap Ducati tercepat dibanding pembalap Ducati lainnya termasuk juara dunia 9 kali Valentino Rossi.

Kini ia menjadi penantang terkuat Carl Crutchlow dari tim Yamaha Tech3 dalam perebutan gelar best Rookie of year MotoGP musim 2011.

Faktanya Karel Abraham merupakan pembalap termuda di kelas MotoGP tahun 2011. Ia juga merupakan pembalap pertama yang masih berstatus mahasiswa. Saat ini Ia masih terdaftar sebagai mahasiswa hukum University of Brno.

One thought on “Profil Pembalap MotoGP: Karel Abraham”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda