Scroll to Top

Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, dan Manchester City: Empat Raja Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 29 Oct 2012

Barcelona

Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, dan Manchester City. Keempat klub ini layak disebut sebagai raja di kompetisi elite Eropa. Ketika tim-tim lain telah bertumbangan, empat klub di atas berdiri tegar dan seperti terlalu sulit terkalahkan. Catatan tersendiri patut diberikan pada Atletico Madrid. Setelah bermusim-musim menjadi bayang-bayang Real Madrid, kini Atleti memimpin klasemen Liga Spanyol bersama Barcelona.

Kekalahan mengejutkan Bayern Munchen atas Bayer Leverkusen 1-2 di Bundesliga, membuat kubu Allianz Arena menuai kekalahan perdana musim ini di kompetisi domestik. Sekaligus, membuat mereka tak dijajarkan dengan empat klub yang hingga kini tak tersentuh kekalahan di Eropa. Mereka adalah Barcelona dan Atletico Madrid dari Liga Spanyol, Juventus dari Liga Italia, dan Manchester City dari Liga Inggris.

FC Barcelona

Barcelona

Sempat dikhawatirkan di awal musim karena tidak lagi dilatih Pep Guardiola, Barcelona menuai catatan spektakuler. Delapan kemenangan dari 9 pekan yang dilalui. Memperoleh 22 dari 25 poin yang mungkin dirampas. Plus, mencetak 29 gol. Andai mampu menggulung Celta Vigo akhir pekan depan, ini adalah start terbaik Blaugrana sepanjang masa.

Atletico Madrid

Atletico Madrid

Dengan status mereka sebagai juara Europa League, banyak yang mengira Atleti cuma akan bersaing memperebutkan tiket ke Liga Champions musim ini. Namun, Diego Simeone dan Radamel Falcao membalikkan semua ramalan. Atleti memang belum melawan Barca atau Madrid. Meski demikian, penampilan mereka layak diapresiasi. Senantiasa haus kemenangan, Rojiblancos setara dengan Barcelona. Mengumpulkan 22 poin dalam sembilan laga.

Juventus

Juventus

Meski belakangan menang dengan jumlah gol yang irit, Juventus menjadi yang terbaik di Serie-A. Dalam sembilan laga, cuma ada satu Fiorentina yang bisa menahan mereka (2-2). Selebihnya, Bianconeri menekuk delapan tim. Mencetak 20 gol, Juventus menjadi yang tersubur di Serie-A bersama Roma. Terbobol cuma empat kali, pertahanan di depan Gianlugi Buffon pun yang terbaik di Liga Italia.

manchester City

Manchester City

Dibandingkan dengan tiga tim lain, City memang tak memuncaki klasemen. Mereka ada di peringkat ketiga Liga Inggris dengan 21 angka. Namun, pasukan Roberto Mancini belum tersentuh kekalahan. Berbeda halnya dengan Chelsea (1 kekalahan) dan Manchester United (2 kali). Sang juara bertahan Premier League masih menjanjikan. 19 gol yang dibuat mereka, cuma kalah dari Chelsea dan Manchester United. Dan 9 gol yang bersarang ke gawang mereka, cuma kalah dari Arsenal (bobol 6 gol) dan Sunderland (bobol 8 gol).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda