Scroll to Top

Twitter Digunakan untuk Mengukur Rating Acara TV

By Ibnu Azis / Published on Monday, 29 Oct 2012

Twitter TV

Twitter dan televisi, jelas dua media yang berbeda. Namun tatkala dua media ini bersinergi, maka akan menghasilkan output yang luar biasa. Di Jepang, microblogging ini diguakan untuk mengukur rating acara televisi.

Umumnya untuk mengukur rating sebuah acara televisi menggunakan metode dari Nielsen. Bukan kali ini saja Twitter terlibat dalam sebuah acara televisi. Twitter pernah digunakan sebagai media voting serta ‘layar’ kedua saat acara prime time berlangsung.

The Next Web menuliskan jika di Jepang nantinya Twitter akan dipergunakan sebagai media dalam mengukur rating acara televisi dengan menganalisa tingkat volume ‘penyebutan’ acara televisi tertentu.

Mereka akan mengukur volume tweet per menit terkait dengan program acara yang sedang berlangsung serta jumlah rata-rata tweet yang dikirim dalam empat minggu sebelumnya.

Jepang sendiri menyumbang Twitter dengan 29,9 juta pengguna aktif. Tentu saja angka ini sangat potensial sebagai objek pengukuran dan jumlah data yang cukup besar.

Twitter pun mendorong pemirsa dan pemilik TV untuk men-tweet acara favorit mereka dengan tagar resmi. Dari pola tersebut nantinya akan dibuat sebuah peringkat pengukuran yang lebih akurat. Hashtag ini tentu saja berkaitan dengan acara televisi terakait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda