Scroll to Top

Firefox 7 Akan Hemat Memori 50%

By Ivan Azzam / Published on Friday, 12 Aug 2011

Setelah baru baru ini meluncurkan versi Firefox yang tampilan dan rasanya cukup beda dengan Firefox 3, yaitu Firefox 4 dan Firefox 5, berita mengenai versi terbaru Firefox sudah muncul, tapi bukan versi 6, melainkan versi 7. Tentu Firefox memiliki banyak penggemarnya di seluruh dunia, namun yang namanya penggemar pun pasti punya komplain mengenai browser favorit mereka, apalagi kalau bukan komplain mengenai pemakaian memori yang boros dari browser satu ini?

Jika anda membiarkan Firefox berjalan, pemakaian memorinya terus saja meningkat dan tentunya mengakibatkan komputer hang dan terpaksa anda melakukan restart. Memang sudah ada sedikit peningkatan di versi 5 tapi tentu masih ada masalah tersebut.

Dikutip dari Geek, Mozilla sebagai pengembang tentu berusaha memperbaikinya. Maka dari itu saat Firefox 7 tersedia, browser tersebut diklaim memakan memori hanya 50% saja dari versi-versi sebelumnya.

Salah satu pengembang dari Mozilla, Nicholas Nethercote memposting dalam blog miliknya bahwa Firefox 7 akan lebih cepat. Dia mengatakan anda bisa meninggalkannya semalaman tanpa mengalami masalah besoknya, dan menutup sebuah tab akan membebaskan memori, maka dari itu proyek baru Mozilla bernama MemShrink.

MemShrink sendiri adalah proyek yang fokusnya mengusahakan untuk meningkatkan kecepatan, stabilitas dari Firefox. Kecepatan itu muncul dari pengurangan paging dan tekanan pada cache. Dengan mengatur paging, stabilitas meningkat dan mengurangi memory crash.

Coba lihat di chart berikut:

Mozilla Firefox 7 rencananya akan segera muncul tahun ini, jadi tidak perlu waktu lama untuk menunggu kehadirannya.

One thought on “Firefox 7 Akan Hemat Memori 50%”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda