Scroll to Top

Jose Mourinho Pelatih Terbaik Dunia 2012?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 30 Oct 2012

jose_mourinho

Kebanyakan di antara kita mungkin terlalu berfokus pada siapa peraih Ballon d’Or 2012. Apakah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau sosok lain. Hingga, sedikit mengesampingkan pengumuman 10 calon peraih gelar pelatih terbaik dunia 2012. Jose Mourinho, pelatih Real Madrid, ada dalam daftar tersebut. Demikian pula halnya dengan Vicente Del Bosque dan Roberto Di Matteo.

10 kandidat Pelatih Terbaik Dunia tahun ini sudah diumumkan. Jose Mourinho, pelatih yang sukses membawa Real Madrid menjuarai Liga Spanyol musim 2011-2012, ada dalam daftar tersebut. Musim lalu, prestasi The Special One memang luar biasa. Ia berhasil membawa Los Blancos meraih 100 angka —tertinggi dalam sejarah La Liga—. Plus, mencetak 121 gol, yang lagi-lagi merupakan rekor di Liga Spanyol. Sebuah jaminan penting bahwa Mou layak diunggulkan untuk mendapatkan gelar yang terbaik di antara jajaran pelatih kaliber dunia.

Selain Mourinho, ada nama Roberto Di Matteo. Ia mungkin muncul secara tak terduga. Menghilangnya Andre Villas-Boas membuat mantan gelandang Chelsea menjadi manajer The Blues. Memahami karakter The Blues, Di Matteo kemudian sukses memberikan gelar juara Liga Champions pertama untuk Chelsea sepanjang sejarah.

Vicente Del Bosque juga layak disodorkan menjadi yang terdepan. Ia sukses membawa Spanyol mempertahankan gelar juara Eropa setelah menjuarai Euro 2012. Del Bosque juga menunjukkan kepada banyak orang bahwa ‘bermain tanpa  penyerang murni’ tak berpengaruh apa pun. Timnas Spanyol pun dianggap salah satu tim nasional terbaik sepanjang sejarah.

Selain tiga nama ini, ada pula nama-nama lain yang familiar di telinga. Sebutkanlah Joachim Loew yang terus melakukan regenerasi di timnas Jerman. Atau Roberto Mancini yang berhasil memberikan gelar juara Liga Inggris pertama bagi Manchester City setelah sekian puluh tahun.

Berikut 10 nominator pelatih terbaik dunia:

  1. José Mourinho (Real Madrid)
  2. Vicente del Bosque (Timnas Spanyol)
  3. Roberto di Matteo (Chelsea)
  4. Alex Ferguson (Manchester United)
  5. Pep Guardiola (Barcelona)
  6. Jupp Heynckes (Bayern Múnich)
  7. Jürgen Klopp (Borussia Dortmund)
  8. Joachim Löw (Jerman)
  9. Roberto Mancini (Manchester City)
  10. Cesare Prandelli (Italia)

Siapa yang akan memperoleh penghargaan sebagai yang terbaik tahun ini? Pengumumannya masih akan berlangsung pada 7 Januari 2013 di Zurich, Swiss. Namun, tak salah jika Anda mencantumkan jago Anda di kolom komentar. Apakah Jose Mourinho yang berhak mendapatkannya? Atau ini saatnya Vicente Del Bosque dianugerahi gelar pelatih terbaik 2012?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda