Scroll to Top

LG Nexus 4 Tak Dukung 4G LTE? Ini Jawaban Google

By Ditya / Published on Wednesday, 31 Oct 2012

LG Nexus 4

Google telah meluncurkan LG Nexus 4 dengan spesifikasi yang cukup powerfull. Meski spesifikasi yang diusung LG Nexus 4 ini cukup powerfull dan komplit, ponsel ini tidak dibekali dukungan 4G LTE, mengapa? Ini jawaban Google.

Ketika muncul kabar kehadiran LG Nexus 4 yang datang dengan spesifikasi yang cukup tinggi serta menggunakan Android versi terbaru, yakni Android 4.2 Jelly Bean, sempat membuat banyak orang tertarik. Namun absennya dukungan 4G LTE (Long Term Evolution) juga membuat banyak orang kecewa, mengapa Google tak menyertakan dukungan terhadap layanan data super cepat ini?

Menurut Senior Vice President Google Mobile dan Digital Content Andy Rubin, jaringan LTE yang ada saat ini masih merupakan jaringan hibrida yang tetap masih tak bisa lepas dari jaringan generasi terakhir.

“Masalah taktis adalah GSM vs LTE. Banyak jaringan LTE yang masih belum sempurna. Mereka adalah jaringan hibrida 3G dan 4G yang berarti perangkat membutuhkan kedua radio yang dibangun ke dalamnya.”

“Dua radio di satu perangkat sekarang tentu menambah biaya dan mengurangi masa pakai baterai. Kami ingin untuk memastikan perangkat yang tersedia untuk setiap jaringan di planet ini,” kata Andy Rubin, Senior Vice President Mobile dan Digital Content Google seperti yang dilansir dari TomsHardware (30/10/2012).

Ponsel LG Nexus 4 sendiri mengusung spesifikasi yang cukup tinggi. LG Nexus4 dibekali layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 1280 x 768 piksel True HD dengan teknologi IPS+ (In-Plane Switch) serta kerapatan layar mencapai 320 ppi (pixel per inch).

Soal dapur pacu, LG Nexus 4 ini cukup superior karena ditenagai oleh prosesor mobile paling powerfull saat ini, yakni Qualcomm Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan 1,5GHz quad-core yang dipasangkan dengan memori RAM sebesar 2GB serta grafis dari Adreno 320 ini menghasilkan kinerja yang tinggi dikelasnya.

Ponsel LG Nexus 4 sendiri dikabarkan akan masuk Tanah Air pada akhir November mendatang dengan harga diperkirakan diatas Rp. 5,5 juta. Keberadaan dukungan 4G LTE mungkin tidak akan berpengaruh di Indonesia, mengingat operator lokal belum ada yang mengimplementasikan jaringan 4G LTE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda