Scroll to Top

Tanpa Barcelona, Lionel Messi Bukan Apa-Apa

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 01 Nov 2012

Lionel Messi 8

Kerja sebuah tim senantiasa lebih penting daripada kehebatan seorang pesepakbola. Demikian pula dengan Lionel Messi. Tanpa Barcelona, King Leo tidak akan mencapai titik yang didapatkannya saat ini. Demikian yang disampaikan oleh Sandro Rosell, presiden klub Catalan ketika berbicara di depan anak-anak Catalan kemarin. Rosell menegaskan, yang dibutuhkan siapa pun, adalah kerendahan hati.

Di depan anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun, Sandro Rosell membeberkan rahasia kesuksesan klubnya selama ini. Menurut Rosell ada lima poin penting yang dianut Barca, yaitu “Respek, kerja keras, ambisi, kerjasama tim, dan kerendahan hati.”

Rosell memberi contoh unik kepada anak-anak tersebut. Ia bertanya kepada para bocah tadi, berapa di antara mereka yang merupakan penggemar Barca. Hanya ada beberapa anak yang tak mengacungkan jari.

Dan, dengan jitu Rosell berkata, “Respek, berarti kalian yang menggemari Barca dan yang tidak menjadi penggemar, saling mencintai satu sama lain. Saling menghormati apa pun pilihan kalian.”

“Kerendahan hati, berarti tidak sombong. Seperti Messi, seperti Barcelona ketika merayakan gelar. Kami tidak menyinggung tim lain,” kata Rosell.

Tak kalah menarik, begitu Rosell berkata demikian, ada seorang bocah yang bercanda. Bocah itu berkata, contoh pemain yang tidak sombong, adalah Cristiano Ronaldo. Sang presiden Barca tak bisa menahan senyumnya.

Rosell kemudian mencontohkan, kerendahan hati layaknya Lionel Messi. Seorang King Leo mungkin hebat. Tapi, tanpa Barcelona, belum tentu ia bisa mencapa titiknya saat ini.

“Ketika Messi mendapatkan Sepatu Emas (2011-12 dengan 50 gol), ia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya (sesama pemain Barcelona). Inilah yang kalian butuhkan dalam hidup. Kerjasama tim, senantiasa lebih baik daripada kehebatan seorang pemain. Tanpa kerja tim, tidak akan ada kemenangan (raihan trofi) individual,” sebut Rosell pada anak-anak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda