Scroll to Top

Pangsa Pasar Laptop AMD di Indonesia Capai 22,9 Persen

By Ditya / Published on Thursday, 01 Nov 2012

Laptop AMD

Advanced Micro Devices atau AMD memang sedang mengalami penurunan secara global, namun hal tersebut tidak terjadi di Indonesia. Pangsa pasar laptop AMD naik dan kini menguasai 22,9 persen pasar di Indonesia.

Kuartal ketiga tahun ini, AMD telah mencapai perolehan pangsa pasar laptop terbesar selama beroperasi di Indonesia. Hal ini kontras dengan yang dialami AMD global yang mengalami penurunan penjualan.

“Mencapai 22,9 persen, naik dari 21 persen di kuartal kedua. Hasilnya, menurut saya, masyarakat perlahan-lahan mulai menerima produk AMD. Notebook kami menawarkan nilai lebih untuk harga yang sama, itu diapresiasi oleh konsumen,” kata Victor Herlianto, Sales Development Manager AMD Indonesia mengutip hasil riset kuartal ketiga lembaga analisis pasar GFK di 12 kota di Indonesia.

AMD akan terus fokus pada peluncuran produk laptop berbasis prosesor AMD bersama partnernya. Saat ini terdapat 7 vendor notebook global yang telah menjalin kerjasama dengan AMD, yakni Sony, Toshiba, Samsung, Acer, Asus, HP dan Lenovo.

Selama ini AMD dicap masyarakat awam sebagai prosesor yang cepat ‘panas’, dan hal ini adalah tidak benar. AMD telah berbenah sejak generasi AMD64 yang diluncurkan pada tahun 2003 tahun lalu dan kini tak lagi panas.

AMD juga identik dengan laptop atau komputer gaming dan grafis dimata masyarakat, hal ini disebabkan karena AMD telah membeli ATi Radeon dan mengintagrasikan grafis Radeon disetiap platform-nya.

Seperti yang dilansir dari Kompas (31/10/2012), AMD juga telah menyiapkan laptop ultrathin sebagai jawaban atas hadirnya ultrabook besutan Intel. Kelebihan ultrathin ini ada pada kemampuan grafis dan harganya yang lebih murah.

“Penjualan Ultrathin memang belum setinggi model-model di bawahnya, tapi tetap ada kontribusi. Untuk volume penjualan tertinggi tetap dipegang oleh kategori notebook di bawah Rp 3 juta. Yang penting, Ultrathin ini ‘gaungnya’ besar sehingga menarik perhatian,” tambah Victor Herlianto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda