Scroll to Top

Media Sosial Bantu Pengentasan Buta Aksara di Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 01 Nov 2012

Pemberantasan Buta Huruf

Pemerintah menganggap jika media sosial bisa membantu pengentasan buta aksara di Indonesia. Selain media ini populer di tanah air, keberadaannya digandrungi oleh anak-anak.

Tak hanya masyarakat, anak-anak pun gemar bermain Facebook dan Twitter. Indonesia adalah pasar potensial di dua media sosial mainstream tersebut.

Untuk itulah pemerintah melalui Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menganjurkan para pendidik dan pengajar menggunakan media tersebut (internet) dalam proses belajar mengajar.

“Saat ini pada anak-lebih lebih mudah dan memahami belajar menggunakan media internet seperti Twitter dan Facebook karena sudah familiar,” terang Lydia Freyani, Dirjen PAUDNI pada Republika Online.

Secara sekilas Lydia Freyani ingin menegaskan jika melalui media sosial anak-anak bisa dipantik minat belajar mereka. Pendidik pun harus melakukan inovasi dan terobosan serta mulai menanggalkan proses edukasi yang konvensional.

“Jadi tidak lagi hanya mengajarkan dan menerangkan di papan tulis. Itu sudah kuno, gunakanlah internet,” tegasnya.

Indonesia saat ini menduduki peringkat keempat di dunia sebagai negara ber-facebooker terbanyak dengan 50 juta pengguna. Untuk Twitter, Indonesia menyumbang 29 juta pengguna. Sedangkan jumlah pengguna internet, Indonesia masuk top 20 besar dengan 55 juta netizen.

Inilah potensi plus yang dimiliki oleh Indonesia. Dari potensi ini sektor pendidikan pun bisa digarap. Melalui teknologi, Lydia Freyani berharap pendidikan di Indonesia bisa maju sekaligus menyukseskan program pemerintah.

“Semoga ke depannya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di sejumlah kecamatan sudah bisa menggunakan dan menerapkan proses belajar mengajar dengan media internet,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda