Scroll to Top

Alasan Wajah Tetap Chubby Meski Sudah Diet

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 01 Nov 2012

chubby

Apakah Anda merasa bahwa diet yang Anda lakukan hanya berhasil membakar lemak di perut dan tidak untuk area wajah? Hal ini kerap dirasakan oleh sebagian orang yang menginginkan tubuh ideal. Mereka dengan mudah memiliki  perut susut dengan berbagai program diet. Namun, hal tersebut tidak disertai langsung dengan penurunan kegemukan di area wajah. Dagu menjadi dua dan pipi chubby adalah dua tanda adanya lemak berlebih di wajah.

Wajah yang menyimpan banyak lemak juga membuat elastisitas kulit menurun. Walhasil, kulit pipi terlihat agak menggelambir sehingga menjadikan sesorang kurang percaya diri. Memang, untuk urusan susut lemak ini tidak semua orang merasakan manfaat yang sama ketika diet. Ada yang berdiet bisa langsung menurunkan lemak di badan dan wajah. Dan, ada yang masih menyisakan lemak di wajah.

Menurut Dr Sadhana Deshmukh, pakar kecantikan dari Mumbai, India, tempat terakhir yang akan terbakar lemaknya saat berdiet sepenuhnya dipengaruhi oleh tubuh. Misalnya, jika tubuh Anda “memerintahkan” penyimpanan cadangan lemak pertama di area perut, maka perut menjadi area terakhir dalam pembakaran lemak. Begitu pula jika tubuh memilih wajah sebagai area pertama penyimpanan cadangan lemak, maka wajah menjadi tempat terakhir penyusutan lemak setelah tempat yang lain. Ibaratnya seperti konsep last in first out (LIFO), lemak yang datang belakangan akan digunakan lebih dahulu oleh tubuh dalam metabolisme.

Pada kulit wajah terdapat kantong lemak. Mereka menjadi kunci agar wajah tampak kencang dan terlihat muda. Hanya saja, kalau wajah mulai kelebihan minyak, elastisitasnya berkurang. Muncullah kemudian keluhan tampak lebih tua. Penyerapan air juga berkurang dan mulai tampak lipatan-lipatan tegas di wajah. Dagu mulai membengkak dan terlihat berlipat.

“Penuaan, asupan alkohol, dan stres menambah masalah yang menyebabkan ligamen wajah – yang tugasnya mengendalikan kantong lemak di tempatnya – menjadi melemahkan. Berpindahnya lokasi lemak menyebabkan lipatan menonjol dan dagu ganda,” kata Deshmukh seperti dikutip Times of India.

Oleh karena itu, perlu kesabaran untuk menyusutkan lemak di wajah. Terlebih lagi, Anda mesti lebih konsisten berdiet dan berolahraga bila memang area pertama penyimpanan lemak tubuh Anda ada di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda