Share

Chrome Remote Desktop

Setahun yang lalu Google meluncurkan Chrome Remote Desktop dalam versi beta. Kini aplikasi tersebut telah resmi dirilis. Chrome Remote Desktop, aplikasi pengendali komputer jarak jauh telah tersedia di Chrome Web Store.

Melalui blog mereka, Chrome Remote Desktop resmi diluncurkan. Pengguna bisa menambahkan aplikasi tersebut dalam bentu ekstensi di peramban Chrome mereka. Lantas apa guna aplikasi Chrome Remote Desktop ini seungguhnya?

Secara sederhana Chrome Remote Desktop bisa dikatakan sebagai aplikasi pengendali komputer jarak jauh. Dengan demikian pengguna bisa mengendalikan komputernya dari jarak jauh sekalipun.

Misalkan saja pengguna bisa mendengarkan MP3 kesayangan di kantor dari komputer mereka atau mengambil berkas di komputer meski laptop tersebut tertinggal di rumah.

Nantinya pengguna harus menghubungkan kedua komputer yang akan di-remote. Tentu saja aplikasi Chrome Remote Desktop harus dinstal terlebih dahulu di kedua komputer. Jika sudah maka tinggal memasukkan 12 kode akases yang akan digeneralisasikan oleh aplikasi ini pada komputer yang akan ‘dikendalikan’.

Chrome Remote Desktop 2

“Kami akan menambahkan fitur baru yang bisa membuat Chrome Remote Dekstop menjadi lebih powerfull ,” tulis Stephen Konig, Product Manager Google di Chrome blog.

Chrome Remote Dekstop juga bekerja dengan baik di Samsung Chromebook yang memungkinkan pengguna untuk me-remote PC atau Mac. Chromebook sendiri dibanderol sekitar USD 249.

Sila kunjungi Toko Aplikasi Chrome di sini untuk mencoba Chrome Remote Dekstop.