Scroll to Top

Lionel Messi: 3 Gol Lagi Pencetak Gol Internasional Tersubur Sepanjang Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 02 Nov 2012

Lionel Messi 3

Lionel Messi mungkin ditakdirkan untuk memecahkan semua rekor individual yang pernah ada. Berdasarkan rilisan IFFHS, cuma butuh 3 gol lagi bagi King Leo untuk menyamai rekor yang ditorehkan Vivian John Woodward (Inggris) sebagai pencetak gol internasional tersubur dalam setahun, sepanjang sejarah. Hebatnya, rekor tersebut sudah bertahan selama 103 tahun.

Mematahkan rekor yang sudah lama bertahan, adalah spesialisasi Lionel Messi. Satu lagi yang bisa dikejarnya menjelang akhir tahun ini, adalah catatan pencetak gol internasional tersubur dalam setahun, sepanjang sejarah. Rekor ini, seperti dirilis oleh IFFHS, saat ini dipegang oleh Vivan John Woodward (Inggris). Pemain ini mencetak 25 gol.

Saat ini, Messi memimpin klasemen pencetak gol internasional tahun 2012. Ia sudah mencetak 22 gol. Dengan rincian 12 gol untuk timnas Argentina, dan 10 gol untuk Barcelona.

Di bawah Messi, ada nama Neymar. Penyerang Brazil membukukan 20 gol. 12 di antaranya untuk timnas Brazil, dan 8 untuk Santos. Neymar diuntungkan dengan adanya Olimpiade London 2012 musim panas ini. Tempatnya menciptakan sihir dan gol.

Setelah Messi dan Neymar, ada dua nama yang tak asing lagi: Radamel Falcao dan Cristiano Ronaldo, yang sama-sama mencetak 17 gol.

Perlu dicatat di sini, yang dilabeli sebagai ‘gol internasional’ versi IFFHS, adalah 1) gol bersama timnas masing-masing, dan 2) gol bersama klub di tingkat pertandingan kontinental atau interkontinental.

Klasemen 10 Besar Pencetak Gol Internasional 2012 versi IFFHS

1.    Lionel Andrés Messi    (Barcelona / Argentina)    22    (12/10)
2.    Neymar Da Silva Santos Júnior    (Santos / Brasil)    20    (12/8)
3.    Radamel Falcao    (Atlético de Madrid / Kolombia)    17    (5/12)
Cristiano Ronaldo (Real Madrid / Portugal)    17    (5/12)
5.    Mohamed Aboutreika    (Al-Ahly/ Mesir)    15    (9/6)
6.    Klaas Jan Huntelaar    (Schalke 04 / Belanda)    15    (4/11)
7.    Zlatan Ibrahimovic    (AC Milan, Paris St.Germain FC /Swedia)    13    (10/3)
8.    Leandro Damião (Internacional Porto Alegre / Brasil)    13    (7/6)
9.    Michael Mifsud    (Valletta/ Malta)    12    (6/6)
10.  Emmanuel Atukwei Clottey    (Berekum Chelsea FC / Ghana)    12    (0/12)
Ricardo Oliveira    (Al-Jazeera / Brasil)    12    (0/12)

Kembali dengan 22 gol yang dibuat Messi, si nomor 10 cuma butuh 3 gol lagi untuk menyetarai rekor Vivian John Woodward yang sudah bertahan selama 103 tahun. Ya, Woodward menciptakan catatan tersebut pada tahun 1909, lebih dari seabad lalu.

Peluang Messi melakukan hal ini cukup terbuka karena ia masih menyisakan 4 pertandingan ‘internasional’. Satu melawan Arab Saudi pada pertengahan November ini, dan tiga lagi untuk Barcelona di ajang Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda