Scroll to Top

Keret House, Rumah Memanjang di Sebuah Gang

By Ilham Choirul / Published on Friday, 02 Nov 2012

keret-house

Barangkali inilah rumah yang cukup simpel saat ini. Hanya dengen memanfaatkan lebar bangunan yang sempit, sebenarnya sudah bisa dibuat sebuah rumah tinggal. Memang pandangan ke ruangan bakal terasa sempit. Namun, alternatif rumah memanjang ini mugkin daat menjadi alternatif saat harga tanah semakin menanjak.

Penggagasnya adalah Jakub Szczesny, seorang arsitek dari Polandia. Dia berhasil menciptakan sebuah rumah yang hanya punya lebar 122 centimeter di semua sisinya. Rumah ini dibangun pada sebuah gang kecil di antara rumah yang dibuat di era pra-Perang Dunia kedua dengan sebuah apartemen modern dengan bentuk segitiga. Lebih tepatnya, rumah memanjang tersebut berada di Jalan Chlodna 22 dan Zelazna 74 yang ada di pusat kota Warsawa. Szczesny menamainya Keret House.

keret-house

“Pada awalnya terlihat premis membangun ruang hidup tersebut tidak mungkin. Keret House bertentangan dengan gambar rekaan, sekaligus memperluas konsep arsitektur yang tidak mungkin,” kata Szczesny seperti dikutip Amusing Planet.

Rumah Keret buatan Szczesny dibuat pada bidang berukuran 92 cm di titik tersempit dan 152 centimeter di titik terlebar. Rumah dibuat dua lantai dari bahan alumunium dan plastik. Ukuran rumah tersebut memiliki posisi tersempit 72 centimeter dan lebar terbesar 122 centimeter. Bentuk segitiganya berukuran 10 meter dengan ketinggian dari dasar tempat berdiri sekitar 9 meter. Jalan masuk ke dalam rumah ini melewati sebuah tangga.

keret-house

Di rumah yang amat sempit itu, Szczesny berhasil mengisinya dengan ruang toilet dan kamar mandi, dapur yang dilengkapi wastafel, lemari, meja untuk dua orang, dan sebuah sofa. Itu semua ada di lantai satu. Lantai dua diisi dengan tempat tidur, meja, dan kursi. Rumah ini tidak memiliki jendela. Sebagai gantinya, Keret House dilengkapi fasad baja yang mempunyai lubang untuk masuknya cahaya.

keret-house

Menurut Szczesny, rumah ini bisa dipakai sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu lama. Namun, untuk ptototipe Keret House ini, Szczesny mungkin hanya akan memajang setidaknya selama dua tahun. Keret House sudah dimasukkan dalam ikon pariwisata di kota Warsawa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda