Scroll to Top

Android Kini Kuasai 75% Pasar Smartphone

By Ditya / Published on Friday, 02 Nov 2012

Android 4.2 jelly bean

Android kini telah menguasai 75 persen pasar smartphone, jauh mengalahkan para pesaingnya seperti Windows Phone, Apple iOS, Symbian dan BlackBerry. Berdasarkan laporan IDC, pangsa pasar Android mengalami kenaikan yang sangat pesat.

Berdasarkan data dari IDC, sebanyak 136 juta smartphone Android berhasil dikapalkan selama kuartal ketiga tahun ini dengan penguasaan pasar mencapai 75 persen, meningkat dari tahun lalu yang hanya menguasai 57,5 persen, cukup mengejutkan.

Android saat ini berhasil mendominasi pasar smartphone. Hal ini tak terlepas dari banyaknya produsen yang meluncurkan smartphone Android untuk pasar kelas bawah, menengah hingga kelas atas.

Posisi kedua diduduki oleh Apple iOS yang menguasai 14,9 persen pasar dan berhasil mengapalkan 26,9 juta smartphone. Apple iOS ini juga meningkat dari kuartal ketiga tahun yang lalu yang hanya menguasai 13,8 persen.

pasar smartphone

Seperti yang dilansir dari VentureBeat (01/11/2012), kehadiran iPhone 5 yang laris dipasaran ini membuat penjualan smartphone Apple terdongkrak, sehingga pangsa pasar iOS pun meningkat.

Posisi ketiga ditempati oleh smartphone besutan RIM, BlackBerry yang menguasai 4,3 persen pasar dan hanya mampu mengapalkan 7,7 juta smartphone. BlacBerry mengalami penurunan yang cukup signifikan dimana tahun lalu masih menguasai 9,5 persen pasar.

Posisi keempat diduduki oleh Symbian dengan menguasai 2,3 persen pasar serta mampu mengapalkan 4,1 juta smartphone. Symbian mengalami kemunduran yang sangat signifikan, tahun lalu Symbian masih kuasai 14,6 persen pasar smartphone.

Posisi kelima ditempati oleh sistem operasi besutan Microsoft, Windows Phone, dengan menguasai 2 persen pasar dan mampu mengapalkan 3,6 juta smartphone pada kuartal ketiga tahun ini. Windows Phone ini mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya menguasai 1,2 persen pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda