Remaja Pengguna Smartphone Cenderung Aktif Secara Seksual

girlphone

Kehidupan remaja saat ini seringkali tidak bisa dilepaskan dari ponsel pintar (smartphone). Pasalnya, hanya dengan menjalankan gadget ini, sebagian aktivitas kehidupan bisa dengan mudah dilakukan. Ingin berkirim kabar, tinggal menelepon atau mengirim pesan pendek. Mau eksis di dunia maya, jejaring sosial bisa dengan mudah diakses. Hanya saja, studi dari Universitas Southern, California, mengatakan, ponsel pintar juga sering disalahgunakan remaja untuk melakukan perbuatan yang berhubungan dengan seks.

Peneliti melihat adanya kecenderungan para remaja yang memakai ponsel pintar, lebih mudah terjebak pada perilaku seksual dini. Ponsel pintar memang lebih unggul dibanding dengan ponsel biasa yang terbilang jadul. Ponsel pintar sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan remaja mengakses konten seksual dengan mudah. Selain itu, kemajuan teknologi ponsel memungkinkan remaja melakukan sexting tidak hanya dengan tulisan, melainkan sudah mencapai tahap bertukar foto telanjang.

Dari pengamatan terhadap 1.840 siswa SMA di distrik Los Angeles pada tahun ajaran 2010/2011, peneliti mendapati mereka dua kali lebih mungkin untuk melakukan seks dengan orang yang diajaknya mengobrol lewat ponsel. Mereka bercakap lewat aplikasi online yang diakses pada ponsel pintar.

Selain itu, didapati banyak remaja yang akhirnya lebih aktif dalam perilaku seksualnya. Mereka menjadi tidak ragu untuk melakukan perilaku seks berisiko. Ponsel pintar membuat remaja cukup pandai dalam merencanakan kegiatan seksual bersama pasangannya.

“Orang tua (saat ini) diketahui sudah melakukan strategi untuk memantau perilaku online anak-anak mereka lewat komputer. (Namun) mereka juga perlu memperhitungkan akses internet yang tersedia pada ponsel pintar,” kata Eric Rice, sang peneliti, seperti dikutip Times of India.

Komentar Anda

Leave A Response