Scroll to Top

4 Jenis Biji-Bijian yang Bermanfaat Bagi Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Friday, 02 Nov 2012

biji

Biji-bijian yang ada di sekitar kita memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Biji bunga matahari, biji labu, biji wijen, dan biji semangka adalah contoh bijian yang mengandung zat begizi. Lemak pada biji-bijian jenisnya lemak tak jenuh. Anda bisa mencicipinya sebagai kudapan, seperti menjadikannya kuaci, atau memakannya langsung bila ditemukan pada daging buah. Inilah manfaat keempat biji tersebut.

  1. Biji bunga matahari. Biji ini kaya dengan vitamin E dan triptofan. Vitamin E dapat membantu fungsi sistem peredaran darah bekerja lebih baik. Sementara itu, tiptofan bisa memberikan efek relaksasi bagi pikiran. Biji bunga matahari sangat enak dibuat kuaci.
  2. Biji labu. Biji ini memiliki zat antiradang yang akan bekerja tanpa efek samping. Saat mengalami stres atau depresi yang muncul karena pengaruh obat-obatan, biji labu juga efektif menenangkan. Biji labu lezat diolah dengan cara dipanggang bersama bumbu garam dan merica.
  3. Biji semangka. Biji dari buah yang kaya air ini memiliki kandungan zat besi, kalium, vitamin, lemak, dan kalori. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan bijinya sudah lepas dari kulitnya. Anda bisa mengunyahnya.
  4. Biji wijen. Inilah biji yang cukup dikenal gizinya. Sebab, biji wijen mengandung kalsium, magnesium, tembaga, besi, seng mangan,, vitamin, dan serat. Antioksidan juga ditemukan pada biji wijen berupa zat lignin. Mengonsumsi biji wijen bisa dicampurkan pada makanan atau sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda