Scroll to Top

Facebook Nonaktifkan Fitur Yang Mengandung Celah Keamanan

By Ditya / Published on Saturday, 03 Nov 2012

Jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, dikabarkan menonaktifkan beberapa fitur yang mengandung celah keamanan yang memungkinkan untuk mengakses sebuah akun Facebook tanpa menggunakan password.

Celah keamanan yang terdapat di Facebook ini mempengaruhi sekitar 1,32 juta akun Facebook. Akun-akun tersebut dikabarkan dapat diakses tanpa harus login atau menggunakan password, hanya memerlukan tautan dari hasil pencarian Google Search.

Insinyur keamanan Facebook, Matt jones, mengatakan bahwa tautan yang muncul dan menyebabkan akun dapat diakses tanpa menggunakan password adalah tautan yang dirancang untuk dikirimkan ke pemilik akun melalui email, sehingga pengguna dapat lebih cepat mengakses akun Facebook miliknya.

Sayangnya, tautan atau link tersebut telah menyebar keluar akibat tindakan email hack, website email sekali pakai dan layanan penyimpanan pesan yang minim fitur keamanan.

Sebagian besar tautan tersebut hanya berfungsi sekali pakai seperti untuk mengganti password atau aktivasi akun. Facebook akhirnya memutuskan untuk menonaktifkan akses cepat ini sampai celah keamanan ini selesai diperbaiki.

Tak jelas bagaimana tindakan Facebook untuk memperbaiki celah keamanan yang telah ditemukan, namun pihaknya berkomitmen untuk terus melindungi akun penggunannya dari tangan orang yang tak bertanggung jawab.

Situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini menegaskan bahwa tak ada tautan atau link yang bersifat umum atau dapat diakses dari luar. Facebook mengatakan bahwa ini adalah tindakan web diluar Facebook yang membuat tautan akses cepat tersebut tersedia di mesin pencari seperti Google.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (03/11/2012), akun Facebook yang mengalami celah keamanan ini sebagian besar di Rusia dan Facebook telah mengambil langkah-langkah pengamanan akun tersebut dari orang yang tak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda