Scroll to Top

Barcelona dan Real Madrid Terus Menciptakan Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Nov 2012

Barcelona-dan-Real-Madrid-Terus-Menciptakan-Sejarah

Barcelona dan Real Madrid tak pernah berhenti menciptakan rekor demi rekor baru. Pada pekan kesepuluh Liga Spanyol, kedua klub sama-sama sukses menumbangkan tamu masing-masing. Meski Lionel Messi tak mencetak gol, Barca tetap mampu menggasak Celta Vigo 3-1. Sementara itu, keadaan sama pun dirasakan Real Madrid. Tanpa gol Cristiano Ronaldo, Los Blancos sukses menggulung Real Zaragoza 4-0. Dari kemenangan ini, lahirlah catatan penting kedua klub.

Bagi Barcelona, kemenangan kesembilan dalam sepuluh pertandingan pertama Liga Spanyol, adalah catatan terspektakuler sepanjang masa. Johan Cruyff, Frank Rijkaard, dan Josep Guardiola yang dianggap sebagai para pelatih Barcelona terbaik, tak mampu menciptakan rekor seperti ini. Akan tetapi, seorang Tito Vilanova, yang pada awal penunjukannya cukup diremehkan, berhasil mencipta sejarah.

Persentase kemenangan di La Liga hingga 90%. Plus, mencetak 32 gol dalam 10 pertandingan. Barca juga menjadi klub paling menghibur dibandingkan 19 kontestan lain di Liga Spanyol.Satu-satunya hasil buruk hanyalah ketika Madrid mampu mencuri satu angka (2-2) di Camp Nou.

Jika Barcelona mencipta rekor, Real Madrid pun tak mau kalah. Bukan klub yang membukukan catatan spektakuler. Tetapi ikon penting Los Blancos. Siapa lagi kalau bukan sang kapten Iker Casillas dan pelatih andal Jose Mourinho.

Dengan tampil saat melawan Real Zaragoza, Santo Iker menjadi kiper dengan penampilan terbanyak bersama sebuah tim dalam sejarah Liga Spanyol. Casillas saat ini sudah mengantongi 467 pertandingan. Dan, seiring dengan performanya yang seperti tak pernah mengenal kata ‘buruk’, jumlah ini akan terus bertambah dalam beberapa tahun ke depan.

Sebenarnya, jumlah laga Casillas kalah dibandingkan dengan Andoni Zubizarreta (622 penampilan), Francisco Buyo (542 penampilan), dan Jose Ramos Esnaola (469). Namun, ketiga kiper di atas, bermain untuk dua atau tiga klub. Tak seperti kapten Real Madrid yang sejak awal bersetia untuk kubu Santiago Bernabeu.

Di samping Casillas, ada Jose Mourinho yang juga mencipta rekor. The Special One menjadi pelatih Real Madrid tercepat sepanjang sejarah yang berhasil meraih 100 kemenangan. Catatan Mou ini sangat fantastis karena ia baru menukangi Real Madrid dalam waktu kurang dari tiga musim. Jangan lupakan pula bahwa musim lalu, El Unico sukses membawa Los Blancos meraih 100 angka —yang terbesar dalam sejarah La Liga—.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda