Scroll to Top

Situs Kota Tertua di Eropa Ditemukan di Bulgaria

By Ilham Choirul / Published on Monday, 05 Nov 2012

old town

Baru-baru ini sebuah kota yang diduga berasal dari peradaban tua di Eropa ditemukan. Sebuah kota prasejarah ini ada di kota Provadia, timur laut negara Bulgaria. Arkeolog dari Bulgaria, yang menemukan kota tua ini mengatakan, kemungkinan dulu ada sekitar 350 orang yang mendiami tempat tersebut. Dan, seperti dikutip BBC, temuan itu berasal dari zaman sekitar 4.700 – 4.200 sebelum masehi. Tahun tersebut menandakan peradaban kota ini sudah ada sejak 1.500 tahun sebelum dimulainya peradaban Yunani.

“Kami tidak berbicara mengenai kota seperti negara-kota Yunani, Romawi kuno atau situs abad pertengahan, melainkan apa yang disepakati oleh para arkeolog sebagai sebuah kota di abad kelima sebelum Masehi,” kata Vasil Nikolov, peneliti dari Institut Nasional Arkeologi Bulgaria, seperti dikutip BBC dari AFP.

Sejumlah tim yang tergabung dalam penemuan situs ini sudah memulai penggalian sejak 2005 silam. Semenjak itu, banyak temuan dan kesimpulan yang dihasilkan.  Arkeolog meyakini, saat itu garam adalah barang komoditi yang cukup penting dalam masyarakat kota tua. Banyak warga yang diduga sering merebus air untuk membuat garam dan dijual. Garam sering dipakai agar daging lebih awet.

Dari sisi bangunan, tim arkeolog menemukan ada rumah berlantai dua yang sudah tidak utuh lagi. Didapatkan pula ada bangunan yang kemungkinan menjadi pos jaga dan pintu gerbang. Tim juga menemukan kuburan dan lubang-lubang yang diduga menjadi tempat para warga melakukan ritual. Kebanyakan, bangunan disusun dengan memakai batu dan sangat tinggi.

Keberadaan peradaban ini ditunjang oleh temuan sebelumnya di daerah Tuzla (Bosnia) dan Turda (Rumania). Di sana terdapat tambang garam, selain juga ada tambang tembaga dan emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda