Scroll to Top

PSSI Targetkan Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2012

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 06 Nov 2012

Timnas Indonesia

Meski mengalami berbagai kendala menjelang bergulirnya Piala AFF 2012 yang akan dimulai pada akhir November ini, bukan berarti PSSI tak optimis. Melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Halim Mahfudz, PSSI menargetkan timnas Indonesia menjuarai AFF Cup 2012. Halim Mahfudz juga menyebutkan, skuad Garuda memiliki semangat luar biasa untuk menghadapi ajang dua tahunan anar negara se-Asia Tenggara tersebut.

Piala AFF (dahulu bernama Tiger Cup) adalah misteri bagi timnas Indonesia. Meskipun menjadi salah satu tim yang paling sering masuk ke final (empat kali), belum sekalipun pasukan Garuda memboyong gelar bergengsi antar negara Asia Tenggara ini. Timnas Indonesia masih kalah dari Thailand dan Singapura (3 kali juara) serta Vietnam dan Malaysia (1 kali juara).

Meskipun masih terus menyimpan rasa penasaran, bukan berarti PSSI meredupkan semangat. Mereka yakin tahun ini pasukan Garuda dapat menjadi yang terbaik di Piala AFF 2012.

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, yakin anak asuh Nil Maizar mampu melakukannya. “Kita doakan saja. Target kita adalah juara,” sebutnya seperti dikutip oleh Okezone.

Saat ini, persiapan timnas Indonesia menjelang AFF Cup 2012 memang terhalang berbagai kendala. Kesulitan menemukan lawan bertanding adalah satu hal. Dan, dilarangnya kebanyakan pemain ISL bergabung ke skuad Garuda juga merupakan kendala lain. Hal ini tak mengurangi optimisme pasukan Nil Maizar. Menurut Gus Iim, sapaan akrab Halim Mahfudz, Elie Aiboy dkk. memiliki semangat juang tinggi untuk mempersembahkan yang terbaik untuk negeri.

“Persiapan ke AFF sudah maksimal. Mereka semangatnya luar biasa meski dalam situasi kesulitan karena digembosi dan memang gembos juga,” katanya kepada Okezone.

Timnas Indonesia sendiri, akan memulai petualangan mereka di AFF Cup 2012 kala berhadapan dengan Laos pada 25 November 2012 mendatang. Perjuangan Indonesia ke depan akan relatif berat. Selain Laos, mereka bergabung dengan Malaysia dan Singapura di Grup B yang akan digelar di Malaysia.

Selama ini, pasukan Garuda terkenal dengan istilah ‘jago kandang’ dan mudah menyerah kala bermain di depan pendukung lawan. Pengalaman pahit tahun 2007 (tahun terakhir Indonesia menjalani babak penyisihan grup di luar kandang)  tak boleh terulang.

Ketika itu, bermain di Singapura, skuad Garuda cuma duduk di peringkat ketiga dari empat peserta. Tak lolos ke semifinal. Dua tahun lalu, kita pun gagal merebut AFF Cup 2010 karena terseok di satu-satunya partai tandang, kala dicukur Malaysia 3-0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda