Scroll to Top

Bermain Angry Birds Bantu Fokus Bekerja?

By Ditya / Published on Tuesday, 06 Nov 2012

Sebuah artikel baru dari Harvard Business Review (HBR) mengutip sebuah penelitian yang menunjukan bahwa terlibat dalam kegiatan yang dianggap non-produktif seperti bermain game Angry Birds membuat seseorang dapat lebih fokus dalam bekerja.

Siapa yang tak kenal game Angry Birds? Permainan yang dikembangkan oleh Rovio ini menjadi salah satu game kasual aling populer saat ini. Kabarnya, 300 juta menit dalam sehari dihabiskan oleh orang-orang di dunia untuk bermain game Angry Birds.

Seperti yang dilansir dari Telegraph (05/11/2012), bermain game seperti Angry Birds saat tak ada kegiatan atau saat dikantor sekalipun sempat dianggap sebagai kegiatan non-produktif dan hanya menghabiskan waktu saja, benarkah?

Sebuah penelitian menunjukan bahwa bermaingame seperti Angry Birds ini dapat membantu menjadi pekerja yang tangguh, dengan kata lain akan membantu untuk lebih fokus dalam bekerja. Kegiatan ini bisa dibilang sebagai cara cerdas untuk menghabiskan waktu.

Penulis artikel HBR ini adalah seorang desainer game sekaligus seorang penulis bernama Jane McGonigal. Jane McGonigal menceritakan bahwa dirinya mempelajari ilmu ketahanan setelah mengalami cedera otak traumatis.

Setelah Jane McGonigal pilih, ia membaca literatur ilmiah mengenai ketahanan yang mengacu pada neuroscience dan menemukan 4 elemen yang dapat membantu seseorang bangkit kembali, yakni fisik, mental, emosional dan sosial.

Menurut Jane McGonigal, bermain game Angry Birds adalah salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan emosional dan membuat seorang pekerja menjadi lebih tangguh dan lebih fokus terhadap pekerjaannya.

“Para ilmuwan menyebutnya rasio-dan 3:1 yakni menatap foto bayi binatang menggemaskan atau membuat hit memuaskan di Angry Birds dapat meningkatkan ketahanan Anda,” tulis Jane McGonigal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda