Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akhirnya berkesempatan untuk menggelar uji coba lagi menjelang AFF Cup 2012. Skuad Garuda akan menghadapi Timor Leste pada Rabu, 14 November 2012 mendatang. Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa pertandingan persahabatan dengan Timor Leste ini batal digelar.

Menjelang AFF Cup 2012, timnas Indonesia bisa mengukur kekuatannya ketika berlatih tanding dengan Timor Leste. Sebelumnya, sempat muncul dugaan, seperti halnya partai persahabatan melawan Sudan, laga ujicoba dengan Timor Leste ikut batal. Namun, sekjen PSSI, Halim Mahfudz, menegaskan bahwa skuad Garuda akan menjajal keampuhan O Sol Nascente pada 14 November mendatang.

“Ujicoba lawan Timor Leste jadi (digelar). Pertandingkan dijadwalkan pada 14 November,” sebutnya seperti dikutip detik.

Sebelumnya, timnas Indonesia sudah dijadwalkan akan bertarung dengan Timor Leste pada 10 November di Bali. Kabar laga persahabatan ini pun sempat simpang siur, seiring batalnya ujicoba dengan Sudan beberapa waktu lalu.

Timor Leste sendiri, per Oktober 2012 lalu, duduk di peringkat 206 FIFA. Mereka gagal lolos dari babak kualifikasi Piala AFF 2012, setelah hanya duduk di peringkat ketiga babak kualifikasi. Di bawah Myanmar dan Laos.

Prestasi Timor Leste di babak kualifikasi tersebut, lumayan apik jika dilihat dari level mereka. Murilo de Almeida dkk. bisa menguliti Kamboja 5-1 dan Laos 3-1. Namun, ditaklukkan oleh Myanmar dan Brunei Darussalam dengan skor tipis 1-2.

Pertandingan timnas Indonesia vs Timor Leste sendiri belum dipastikan akan digelar di mana. Menurut Gus Iim, sapaan akrab Halim Mahfudz, ada dua opsi tempat penyelenggaraan laga persahabatan ini. Bisa di Bali, bisa pula di Yogyakarta.