Scroll to Top

Google Chrome 23 Dirilis, Ini Fitur Barunya!

By Ditya / Published on Wednesday, 07 Nov 2012

Chrome 23

Raksasa internet Google telah merilis browser Chrome versi terbaru, yakni Chrome 23. Browser terbaru andalan Google ini datang dengan berbagai fitur baru, salah satunya fitur penghematan baterai di sistem operasi Windows.

Tak terasa, browser andalan Google ini telah mencapai versi 23 dengan berbagai fitur barunya. Browser yang menggunakan mesin render WebKit ini telah dilengkapi berbagai fitur baru melalui rilis Chrome 23.

Browser Chrome 23 versi Windows ini membawa fitur penghematan baterai. Cara kerja fitur ini adalah meningkatkan akselerasi decoding video dan mengurangi penggunaan sumber daya perangkat keras, sehingga dapat menghemat baterai pada perangkat mobile seperti laptop dan netbook.

Ketika pengguna membuka YouTube atau membuka situs streaming video lain, maka fitur ini akan memindahkan tugas decoding video dari prosesor (CPU) ke grafis atau Graphics Processing Unit (GPU). Tes yang dilakukan Google menunjukan bahwa fitur ini dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 25 persen ketika digunakan untuk menonton YouTube atau layanan streaming video lainnya.

“Sekarang pengguna Chrome pada Windows tak akan mengalami lagi baterai sehingga mereka tidak lagi terganggu masalah baterai saat menonton video favorit mereka YouTube,” kata Ami Fischman, software engineer Google.

Chrome 23 ini juga mengusung fitur baru yang sedang ramai diadopsi oleh browser lain seperti Internet Explorer, Firefox dan Opera, yakni fitur Do Not Track. Fitur ini memungkinkan browser mengirim header sederhana ke website yang dikunjungi agar tidak melacak informasi atau preferensi pengguna.

Tak hanya itu, Google juga membekali Chrome 23 dengan fitur aggregation of permission yang dapat diakses melalui ikon yang terdapat di sebelah URL website.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (06/11/2012), jika ikon tersebut diklik, maka akan muncul menu yang merinci tentang berbagai izin yang dapat diubah seperti akses mikrofon atau webcam.

Anda penasaran ingin mencoba? Bagi Anda yang sudah menggunakan Chrome sebelumnya, dapat melakukan update melalui menu About Google atau unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda