Scroll to Top

Mega Batal Dirilis Terjungkal Masalah Domain?

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 07 Nov 2012

MEGA

Kinginan Kim Dotcom menghidupkan kembali MegaUpload lewat Mega terancam gagal. Pemerintah Gabon berencana tidak merestui domain Mega (.ga) yang diincar hacker bengal ini. Demikian tulis CNET News.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kim Dotcom berencana merilis Mega, ‘anak’ dari MegaUpload pada bulan Januari tahun depat. Momen tersebut dipilih bertepatan dengan 1 tahun penyerbuan Kim Dotcom di kediamannya oleh polisi setempat dan penutupan MegaUpload oleh FBI.

Jika sesuai dengan rencana, Mega akan memakai domain Me.ga. Kim Dotcom waktu itu mengonfirmasi kabar ini pada Reuters. Namun nampaknya pemerintah Gabon urung memberi restu. Tentu saja masih dengan alasan lawas, terkait dengan tudingan piracy.

Menurut publikasi situs Selandia Baru, Stuff.co.nz, lewat Menteri Komunikasinya, Pemerintah Gabon mengintruksikan agar pemberian izin domain Me.ga ditunda. Dengan demikian Kim Dotcom harus memutar otak atau mungkin memilih domain baru.

“Domain ini ‘tidak akan berfungsi’ sebagai platform atau untuk melakukan tindakan yang ditujukan atas pelanggaran hak cipta atau digunakan oleh orang-orang tidak bermoral,” tulis situs tersebut.

Sementara itu Ira Rothken, pengacara Silicon Valley yang mengikuti kasus perkembangan MegaUpload sejak awal berkata pada CNET News jika bisa saja Mega masih tetap berjalanan namun tidak menggunakan domain Me.ga.

“MegaUpload dan Kim dianggap bersalah atau tidak, mungkin kurang netral di Gabon. Mungkin saja mereka akan menggunakan domain yang berbeda,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda