Scroll to Top

Mencicipi Kopi di Kota 1.001 Warung Kopi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 07 Nov 2012

warung kopi belitung timur

Ingin mencari kumpulan warung kopi cukup besar di negeri ini? Berkunjung saja ke tanah Belitung. Di sana ada sebuah tempat yang memiliki warung kopi dengn jumlah keseluruhan mencapai 60 buah. Rasanya kopinya mantap dan khas. Dan, sekali menyeruput, Anda hanya diminta merogoh saku sebesar Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu. Murah bukan!

Kalau sedang di Belitung Timur, agendakan perjalanan ke Kecamatan Manggar. Di sanalah “Kota 1.001 Warung Kopi” berada. Anda akan dengan mudah menemui warung kopi di sepanjang jalan. Memang rata-rata penikmat kopi di sini adalah pria dewasa. Namun, tidak ada salahnya jika pengunjung wanita turut singgah di warung kopi.

Sebagai teman minum, nikmati sajian camilan yang ikut ditawarkan. Suasana menjadi lebih hangat dengan membaur bersama masyarakat setempat yang cukup ramah. Di Kecamatan Manggar, kurang lebih ada sekitar 3.000 jiwa yang menghuni. Daerah ini bukanlah tempat penghasil kopi. Namun, kebanyakan orang Belitung mencintai kopi dan memiliki cita rasa tersendiri dalam mengolah kopi.

Puluhan warung kopi yang ada, berdiri saing berjejer. Bisa jadi, Anda pun bingung menentukan warung kopi yang hendak disinggahi. Namun, Anda bisa menikmati kopi di sana sepanjang hari. Pasalnya, dari semua warung kopi yang beroperasi, ada yang memilih buka lapak di pagi hari, siang, malam, atau dari pagi sampai malam. Jadi, mau datang kapan pun, akan ada warung kopi yang buka.

Seperti dikutip Tourism News, rekor MURI pernah didapatkan kota wisata yang terletak pada kawasan pusat kota atau Pasar Manggar ini. Pada tahun 2007, tempat ini memecahkan rekor MURI untuk kategori mium kopi susu terbanyak. Kala itu pesertanya mencapai 17.070 orang. Rekor ini mengalah rekor serupa yang dibuat Kota Tanggamus dengan peserta 15 ribu orang di tahun yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda