Scroll to Top

Tips Memilih Krim untuk Kulit

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 07 Nov 2012

krim kulit

Memilih krim untuk kulit ternyata mesti pilah-pilih. Studi yang dilakukan Universitas Bath di Inggris mengatakan, ada sebagian krim kulit yang ternyata tidak mampu menembus kulit. Akibatnya, pemakaian krim menjadi tidak bermanfaat. Nutrisi yang terkandung dalam krim tidak mampu menembus di bawah permukaan kulit dan bekerja dengan semestinya.

Sebenarnya krim kulit sudah mengandung nutrisi yang ukurannya sampai nanopartikel. Namun perlu dipahami, kulit manusia juga memiliki penghalang untuk masuknya zat asing. Penghalang itu terletak pada lapisan kulit atas atau saat tertutup oleh lapisan kulit mati. Dua penghalang tersebut adalah mekanisme pertahanan alami dari tubuh. Sehingga, agar produk kosmetik mampu bekerja untuk kesehatan kulit, lapisan ini harus ditembus.

“Ada banyak cara untuk membuat krim yang bisa menembus. Pertama adalah rekayasa produk. Di sini, molekul komponen yang digunakan sangat kecil sehingga mereka dapat menembus pori-pori. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menembus kulit dengan mudah. Penyebabnya, molekul-molekulnya kecil dan linear. Jadi, memilih kimia bahan yang digunakan dalam krim adalah penting,” kata Dr Rashmi Shetty, seorang dokter kecantikan, seperti dikutip Times of India.

Selanjutnya, Anda bisa memilih krim kulit yang memiliki kandungan ceramide, peptida, AHA, dan BHA. Zat kimia tersebut punya kemampuan menembus kulit secara efektif. Senyawa tersebut mampu menghilangkan kulit mati sehingga krim lebih mudah diserap kulit. Biasanya, kosmetik dengan bahan seperti ini ditemukan pada produk yang mementingkan kualitas. Bisa jadi, harganya juga cukup mahal.

Hanya saja, menurut ahli bedah kosmetik – Dr Aamod Rao – krim herbal bisa dijadikan pilihan alternatif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Krim dengan bahan utama seperti lidah buaya, gandum, atau kolagen, cukup efektif menembus kulit dan memberikan manfaat pada kulit lebih alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda