Chelsea vs Shakhtar 2-2 (2)

Chelsea berhasil memetik kemenangan heroik atas Shakhtar Donetsk di Stamford Bridge dalam lanjutan Liga Champions matchday 4 pada Kamis, 8 November 2012. Setelah bermain imbang 2-2 hingga 90 menit, di ujung laga Victor Moses menjadi pencetak terakhir skor Chelsea vs Shakhtar Donetsk untuk membawa hasil pertandingan berakhir dengan skor 3-2. Hasil Liga Champion ini membuat Chelsea terus menjaga peluang lolos ke babak perdelapan final.

Berstatus sebagai juara bertahan Liga Champions, The Blues harus memenangi pertandingan Chelsea vs Shakhtar Donetsk kali ini. Bukan hanya demi membalas kekalahan 2-1 di matchday 3, tetapi juga demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Wajar kalau kemudian Roberto Di Matteo menurunkan formasi terbaiknya. Termasuk trisula Oscar-Juan Mata-Eden Hazard di belakang seorang Fernando Torres. Sementara, Mirceau Lucescu yang dua pekan lalu membawa Shakhtar memuncaki klasemen, memakai strategi serupa Di Matteo dengan mengandalkan seorang Luiz Adriano.

Menit-menit awal menjadi menit penuh warna untuk Fernando Torres. Beberapa detik setelah gagal memanfaatkan umpan silang Oscar, Si Nomor 9 memanfaatkan blunder kiper Andriy Pyatov yang hendak melakukan tendangan jauh. Bola membentur tubuh Torres dan masuk ke gawang Shakhtar. Bukan awal yang baik untuk Shahktar, tapi kelak mereka cepat pulih.

Setelah Torres membuang peluang emas di menit 8, Willian menyamakan kedudukan. Ia layak berterimakasih kepada sesama perantau Brazil di Ukraina, Fernandinho, yang melakukan pergerakan apik ke kotak penalti, lantas mengirimkan umpan datar. Si Nomor 10 Shakhtar pun menyambut umpan tersebut untuk membuat Stamford Brige panas.

Chelsea vs Shakhtar 2-2

Setelah lebih dominan dalam urusan ball possessions sepanjang babak pertama, Shakhtar kembali terluka di menit 40. Pendarahan kali ini lagi-lagi diciptakan oleh lini belakang mereka sendiri. Upaya Andriy Piaton membuang bola justru membuat bola menemui jalan ke arah Oscar. Sang gelandang Brazil, melihat Pyaton yang sudah keluar sarang, menciptakan gol jenius dari tendangan volinya.

Chelsea vs Shakhtar 2-2 (3)

Penasaran dengan skor 2-1 di babak pertama, Shakhtar Donetsk menemukan momentum cepat di babak kedua. Lagi-lagi Willian menjadi kunci. Si Nomor 10 bergerak taktis, mengirimkan umpan pada Fernandinho. Sang rekan memberikan umpan melebar pada Darijo Srna yang kemudian mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Willian sudah ada di sana untuk menyamakan kedudukan. 2-2 di menit 47.

Chelsea vs Shakhtar Donetsk

Pertandingan mengalir, dan Chelsea berusaha bangkit. Jon Obi Mikel mencetak gol di menit 67. Namun wasit Carlos Velasco Carballo tak mengesahkannya karena gelandang bertahan tersebut sudah berada di posisi off side.

Berjuang mati-matian untuk meraih kemenangan, Chelsea yang di babak kedua lebih apik daripada sebelum turun minum, akhirnya mampu memetik angka penuh. Adalah Victor Moses yang menjadi penyelamat Stamford Bridge. Tendangan sudut Eden Hazard dituntaskannya dengan tandukan untuk membawa skor 3-2.

Hasil ini membuat Chelsea dan Shakhtar Donetsk berbagi singgasana sementara Grup E. Masing-masing mengumpulkan 7 angka, unggul satu angka saja dari Juventus di peringkat ketiga.

Chelsea vs Shakhtar 2-2 (5)

Chelsea vs Shakhtar 2-2 (4)

Chelsea (4-2-3-1): 1-Cech (C); 2-Ivanovic, 4-David Luiz, 24-Cahill, 34-Bertrand; 7-Ramires, 12-Mikel; 11-Oscar (13-Moses ’79), 10-Juan Mata, 17-Hazard; 9-Torres (23-Sturridge ’90)

Pelatih: Roberto Di Matteo

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): 30-Pyatov; 33-Srna(C), 5-Kucher, 44-Rakitskiy, 26-Rat; 3-Hübschman, 7-Fernandinho; 29-Alex Teixeira (77-Ilsinho ’78), 10-Willian, 22-Mkhitaryan, 9-Luiz Adriano

Pelatih: Mircea Lucescu