Scroll to Top

Persib: Performa Meningkat, Komposisi Tim Belum Pas

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 08 Nov 2012

Persib 2

Performa Persib Bandung meningkat, terutama tiga pemain baru Maung Bandung: Firman Utina, M. Ridwan, dan Supardi. Meskipun demikian, pelatih Djadjang Nurdjaman belum ‘puas’. Ia mengaku akan tetap melakukan eksperimen dalam beberapa ujicoba mendatang. Karena, belum menemukan komposisi yang pas. Persib sendiri, setelah menjuarai Celebes Cup II, dengan materi luar biasa, digadang-gadang akan sukses dalam kompetisi ISL yang kemungkinan akan bergulir pada awal tahun 2013 mendatang.

Dari hari ke hari, permainan Persib Bandung mengalami peningkatan. Demikian yang disebutkan oleh pelatih Djadjang Nurdjaman (Djanur). Membaiknya penampilan Maung Bandung, tak terlepas dari kontribusi tiga pemain anyar mereka. Yaitu, Firman Utina, M. Ridwan, dan Supardi.

“Ketiga pemain itu (Ridwan, Firman, dan Supardi) berkontribusi dengan baik. Meski tidak dikatakan dominan (dalam membantu perubahan penampilan Persib) tapi (perbedaan yang diciptakan) terasa juga,” kata Djanur seperti dikutip oleh Merdeka.

Dengan performa yang meningkat, Djadjang pun kini lebih nyaman dalam bereksperimen. Ya, menjelang bergulirnya kompetisi ISL (Indonesia Super League) Persib memang harus menjalani beberapa uji coba untuk mematangkan skuat yang ada.

Djanur sendiri mengaku, dirinya belum menemukan komposisi yang tepat untuk Persib. Terutama di lin tengah. Karena, di sektor ini, Maung Bandung memiliki banyak alternatif.

“Sampai sekarang saya masih bereksperimen. Makanya kita butuh uji coba lagi. Saya merasa masih belum menemukan komposisi tim yang pas,” tutur sang pelatih.

Persib sendiri bisa jadi menggunakan beberapa skema. Termasuk pola 4-2-3-1 yang sekarang digunakan hampir semua klub di Eropa, atau mungkin pula 4-4-2.

“Kalau menggunakan skema 4-2-3-1 seperti apa. Kalau 4-4-2 apalagi, komposisi di tengah harus benar-benar dipertimbangkan,” kata Djadjang seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Foto: Pikiran Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda