Scroll to Top

Tips Melancarkan Komunikasi dengan Orang Lain

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Nov 2012

komunikasi

Tidak setiap orang mampu berkomunikasi dengan lancar dengan orang lain. Ketrampilan berkomunikasi yang kurang terasah kadang membuat maksud dan tujuan yang dibicarakan tidak tercapai. Dengan siapa pun – baik pasangan, orang tua, keluarga, atau orang lain – komunikasi yang baik mesti diciptakan.

Bisa jadi, Anda adalah salah satu orang yang kurang mampu mengomunikasikan suatu masalah dengan baik. Jika demikian, Anda bisa mencoba tips berikut ini yang dikutip dari Times of India:

  1. Tanyakan pada orang yang akan Anda ajak bicara, tentang waktu yang tepat untuk dapat mengobrol. Tidak setiap orang punya waktu untuk ditemui. Dengan mengetahui waktu luangnya, dia lebih bisa mempersiapkan diri untuk menerima berbagai maksud yang ingin Anda bicarakan.
  2. Selama mengobrol, pastikan yang Anda bicarakan lebih kepada fakta atau kejadian yang sebenarnya. Jauhi mengobrol yang sifatnya asumsi, kebohongan, atau cerita fiktif. Nantinya, obrolan akan memicu untuk saling memberikan pendapat terhadap masalah yang dibahas.
  3. Kalau mengobrol, seimbangkanlah dalam memberikan kesempatan untuk berbicara. Jika Anda sudah selesai menyampaikan sesuatu, biarkan dia yang gantian berbicara tanpa Anda interupsi. Dia akan menghargai cara mengobrol seperti ini.
  4. Jika dia mencoba membahas tentang Anda, cobalah untuk mendengarkannya. Tidak perlu marah jika memang memberikan efek positif untuk Anda. Dengan begitu, dia juga menjadi lebih terbuka saat Anda gantian mengutarakan sesuatu yang berkenaan dengan pribadinya.
  5. Kalau banyak masalah yang ingin dibicarakan, aturlah agar tidak semua hal dibahas dalam satu waktu. Sebab, menyampaikan berbagai masalah sekaligus akan membuat obrolan terasa membingungkan.
  6. Saat mengobrol jangan bertindak agresif atau menyerang. Orang lain akan merasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda