Scroll to Top

Pasokan Listrik di Kepulauan Tokelau 100 Persen Pakai Energi Matahari

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Nov 2012

tokelau

Inilah kepulauan kecil yang mungkin menjadi area ramah lingkungan dalam penggunaan listrik di dunia. Pasalnya, sumber listrik yang dipakai akan 100 persen berasal dari tenaga matahari. Instalasi panel sel-sel matahari sudah dilakukan dan siap memberikan pasokan listrik untuk sekitar 1.500 warga yang tinggal di sana. Investasi sekitar USD 7 juta telah dikucurkan.

Ide brilian ini diterapkan di Kepulauan Tokelau yang terletak di Pasifik Selatan. Pemerintah Selandia baru, yang menjadi induk negara kepulauan ini, menyumbang peralatan instalasi listrik ramah lingkungan itu. Warga Tokelau tidak lagi terlalu mengandalkan tenaga listrik dari pembangkit berbahan bakar solar. Biaya jadi lebih irit karena impor solar akhirnya akan dihentikan.

“Mereka banyak menghadapi mati listrik dengan pembangkit listrik diesel dan kini sistem (tenaga matahari) mereka bisa diandalkan,” kata Dean Parchomchuck dari Powersmart Solar, seperti dikutip BBC.

tokelau-solar-power

Untuk kebutuhan listrik tersebut, sebanyak 4 ribu panel surya telah disiapkan. Tenaga listrik yang ada nanti akan dirasakan oleh ketiga pulau karang rendah yang menyusun Kepulauan Tokelau yaitu Atafu, Nukunonu, dan Fakaofo.. Dataran di ketiga pulau tersebut sangat rendah. Sebab, puncak tertinggi hanya lima meter dari permukaan air laut. Kepulauan ini patut waspada dengan kemungkinan naiknya air laut akibat pemanasan global.

Tidak hanya Kepualauan Tokelau saja yang ke depannya memakai sumber listrik terbarukan. Tercatat, Kepulauan Fiji segera memakai energi terbarukan secara total pada tahun depan.  Menyusul kemudian ada Cook Islands, Niue dan Tuvalu yang berkomitmen menerapkan energi terbarukan dengan target selesai pada tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda