Scroll to Top

Lampu Porsche Panamera dan Cayenne Jadi Rebutan Maling di Belanda

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Nov 2012

porsche-cayenne-all-new

Di Amsterdam, Belanda, ada merek mobil yang begitu digemari oleh pencuri untuk dijadikan sasaran. Mobil tersebut adalah Porsche Panamera dan Cayenne. Uniknya, para pencuri ini kebanyakan mencuri pada kedua jenis mobil tersebut hanya ingin mengambil lampunya. Tahukah Anda apa istimewanya lampu ini?

Kedua Porsche tersebut pencahayaannya didukung oleh lampu Xenon. Konon, banyak pencuri yang memanfaatkan lampu itu untuk mengembakbiakkan pohon ganja. Ganja, atau disebut juga cannabis, dipercaya akan terstimulasi pertumbuhannya memakai pencahayaan dari lampu Xenon ini. Kekuatan cahaya dan kehangatan yang muncul dari lampu sangat cocok dengan karakter tumbuh pohon ganja.

Walhasil pemilik Porsche di Belanda cukup ketar-ketir dengan maraknya pencurian ini. Bayangkan saja, dalam seminggu 20 mobil Porsche Panamera dan Cayenne lenyap lampunya karena dicuri. Parahnya Porsche menempatkan lampu tersebut pada posisi yang mudah untuk dicongkel.

Seperti dikutip Media Indonesia, untuk mengambil lampu Xenon ini hanya perlu beberapa menit. Itu pun pencuri tidak memerlukan alat pencongkel yang rumit. Dalam sebuah rekaman CCTV, pencuri bisa membobol hanya dengan tangan kosong.

Lampu Xenon memang cukup unggul untuk diterapkan pada tanaman pertanian. Pancaran cahaya memiliki karakteristik mirip dengan sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman. Termasuk pula, lampu tersebut memiliki panas yang cocok untuk tumbuh kembang tanaman. Lampu Xenon, atau juga dikenal dengan HID, adalah temuan insinyur di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda