Scroll to Top

Belanja Sambil Bawa Anak Bikin Ibu Stres

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Nov 2012

belanja bawa anak

Sebagian ibu rumah tangga mengaku cukup stres dengan berbagai pekerjaan rumah tangga. Termasuk di antaranya adalah belanja mingguan. Sebagian ibu mesti belanja bersama anak-anak mereka dan menghadapi situasi yang membuat kesal. Seringkali anak rewel dan meminta ini-itu sehingga membuat ibu merasa stres. Demikian menurut pengakuan sejumlah ibu melalui survey yang dilakukan Ford Retail.

Dalam studi yang melibatkan 2.000 ibu rumah tangga itu mendapati berbagai situasi yang dapat membuat ibu stres. Mulai dari waktu makan, menyiapkan pakaian anak-anak, menghibur anak di waktu hujan adalah beberapa aktivitas yang membuat ibu tertekan pikirannya minimal tiga kali dalam sehari.

“Menjadi orang tua bisa menjadi waktu ujian yang terbaik, tetapi tampaknya ada situasi tertentu yang lebih buruk (efeknya) daripada (situasi) yang lain,” kata juru bicara Ford Retail, seperti dikutip Times of India.

Setidaknya ada 5 persen ibu yang mengaku lebih sering stres dalam sehari. Ada 40 persen ibu mengaku mengalami stres mingguan karena rutin melakukan pekerjaan pagi setiap hari.

Berkebalikan dari itu, ada 41 persen ibu yang mengaku lebih termotivasi ketika stres ini datang. Dan, 82 persen ibu merasakan kebahagiaan kembali saat anak-anak atau keluarga berkumpul dan memberikan pelukan. Rasa penat di pikiran seketika hilang dengan kehadiran orang yang disayang.

Hasil lengkap studi ini terkait situasi yang membuat ibu rumah tangga stres adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan belanja mingguan
  2. Waktu tidur
  3. Perjalanan panjang memakai mobil
  4. Mendapati anak-anak makan makanan tertentu
  5. Pergi ke rumah seseorang yang tidak memiliki anak
  6. Terjebak dalam kemacetan lalu lintas
  7. Waktu makan
  8. Menghibur anak-anak saat hari sedang hujan
  9. Mendapati anak-anak masuk dan keluar dari mobil
  10. Saat  anak berpakaian di pagi hari
  11. Waktu mandi
  12. Sibuk di luar seharian
  13. Berkemas untuk liburan
  14. Membersihkan gigi anak
  15. Belanja pakaian baru
  16. Menyuruh anak-anak untuk makan makanan mereka
  17. Saat  anak di pesta ulang tahun
  18. Kala ada yang sakit
  19. Makan di luar
  20. Pergi berlibur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda