Scroll to Top

Teknologi Haptic Untuk Masa Depan Layar Sentuh

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 13 Aug 2011

Teknologi layar sentuh kini seperti menjadi standar masa kini, lihat saja perangkat-perangkat canggih saat ini (terutama smartphone) sudah memiliki layar sentuh, lalu apakah masa depan nanti layar sentuh masih bisa bertahan? Belum tentu, karena masih banyak peluang untuk melakukan inovasi terus.

Teknologi 3D adalah salah satunya, smartphone yang memiliki fitur 3D tersebut seperti halnya Evo 3D sudah ada. Tapi menurut Andrew Hsu, bapak penemu capacitive touchscreen, berkata masa depan dari layar sentuh akan bersandar pada haptic technology, dimana pengguna bisa merasakan elemen-elemen dari layar sentuh tersebut satu demi satu.

Teknologi haptic ini, seperti yang dikutip dari Venturebeat, menurut Hsu adalah usaha membuat persepsi seolah nyata dari antarmuka virtual, jadi seolah kita benar-benar menyentuh benda virtual tersebut, intinya adalah pengalaman komputasi seperti sebelum ada layar sentuh, dan anda bisa seolah menyentuh virtual keyboard anda seperti nyata, sebagai contoh.

Haptic bukanlah teknologi yang benar-benar baru, banyak smartphone masa kini yang menerapkan haptic dasar dengan cara bergetar saat anda menekan tombol di layarnya, sebagai contoh. Menurut Hsu, kunci pentingnya adalah meningkatkan lagi teknologi haptic tersebut, dan mencari cara mengimplementasikannya, dan menurut Hsu, butuh tiga atau lima tahun lagi untuk melihat visinya menjadi nyata.

Ide mengenai haptic screen memang sangat menarik. Ada banyak potensi terkandung, misalnya dalam mobile gaming atau memudahkan para orang tua ataupun orang cacat fisik dalam memakai perangkat canggih tersebut. Semoga cepat tercapai teknologi canggih ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda