Scroll to Top

Hormon Dopamin Dapat Melindungi Memori Jangka Panjang

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Nov 2012

happy-people

Hormon dopamin diketahui memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan ingatan jangka panjang seseorang. Kala mood Anda merasa baik, ceria, dan bersemangat, itulah salah satu pengaruh dari hormon ini. Dengan terjaganya kadar hormo otak untuk menjaga memori jangka panjang. Demikian menurut studi dari Universitas Magdeburg, Jerman.

Dalam studi ini, peneliti melibat sejumlah relawan berusia 65-75 tahun. Sebagian dari mereka diberikan prekursor dopamin. Sementara kelompok yang lain hanya diberikan plasebo. Setelah itu, keduanya saling dibandingkan.

Hasilnya, kelompok yang mendapatkan dopamin cenderung lebih mampu mempertahankan ingatan jangka panjangnya. Sementara yang hanya mendapatkan plasebo, mereka cenderung memudar dalam mengingat memori lama. Memori ini makin hilang ketika seseorang menderita Alzheimer. Pada orang yang mampu mempertahankan dopamin dalam otaknya, cenderung masih bisa mengingat kenangan masa lalu.

“Penyelidikan kami untuk pertama kalinya membuktikan bahwa dopamin memiliki efek pada memori episodik. Ini adalah bagian dari memori jangka panjang, yang memungkinkan kita untuk mengingat peristiwa-peristiwa aktual,” kata Emrah Duzel, ilmuwan saraf di German Center for Neurodegenerative Diseases (DZNE), seperti dikutip Times of India.

Pada kasus orang yang terkena kepikunan atau Alzheimer, memori episodik adalah salah satu bagian otak yang diserang. Sehingga, kebanyakan pasien yang mengalaminya akan kesulitan dalam mengingat kenangan masa lalu. Dengan temuan ini, maka dopamin dapat berkontribusi untuk mencegah kerusakan memori ini.

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda