Scroll to Top

Kenali Warna Urin Anda

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Nov 2012

urine

Urin adalah proses alami dari tubuh untuk membuah kelebihan air dan residu dalam darah setelah melewati ginjal. Warna urin kadang berubah sesuai dengan proses yang terjadi di dalam tubuh. Umumnya, urin yang sehat berwarna kuning cerah hingga kuning polos. Jika perubahan warna urin berlangsung sementara (kurang dari 24 jam) dan kembali ke warna kuning, itu bukan masalah. Namun kalau perubahan warna berlangsung lebih dari sehari, mungkin ada masalah dengan kesehatan Anda.

Dikutip dari laman Times of India, mari kenali warna urin dan penyebabnya berikut ini:

  • Kuning cerah atau terang. Ini adalah warna urin ideal yang menandakan tubuh terpenuhi kebutuhan cairannnya.
  • Kuning polos. Warna ini menandakan tubuh Anda kurang cairan. Bisa jadi, Anda kurang minum sementara banyak cairan yang keluar lewat keringat berlebihan. Anda mengalami hidrasi tahap ringan. Solusinya, sebaiknya Anda perbanyak minum air.
  • Kuning gelap. Warna ini kemungkinan menunjukkan ada masalah pada organ liver atau hati. Mungkin terjadi karena hepatitis atau masalah liver lainnya.
  • Putih susu. Ini menunjukkan Anda mengalami infeksi di saluran kemih atau terdapat batu ginjal.
  • Merah atau pink. Penyebab urin berwarna seperti ini adalah mengonsumsi makanan dengan pewarna merah. Tapi, bisa pula itu adalah adanya percampuran dengan darah. Sebaiknya urin dengan warna merah segera dicek ke laboratorium. Penyebabnya mungkin batu ginjal, olahraga, atau aerobik yang semua itu dapat membuat kerusakan sel darah merah.
  • Oranye. Semburat warna oranye pada urin lebih disebabkan konsumsi obat atau makan wortel.
  • Biru atau hijau. Banyak ditemukan kasus urin berwarna biru atau hijau karena konsumsi obat yang berhubungan dengan saluran kemih.Bisa pula, urin warna ini muncul dari mengonsumsi makanan dengan pewarna tersebut atau makan asparagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda