Scroll to Top

Intel NUC, Komputer Mini Intel Mulai Dijual Bulan Depan

By Ditya / Published on Saturday, 10 Nov 2012

Intel NUC

Produsn prosesor x86 terbesar, Intel, dikabarkan akan mulai memasarkan komputer mini Intel NUC (Next Unit of Computing) mulai bulan depan atau Desember mendatang. Intel NUC adalah PC DIY (Do-It-Yourself) berukuran mini serta hemat daya.

Tren komputer mini yang pertama kali dihmebuskan oleh Rasberry Pi ini semakun populer dan menarik perhatian dari banyak produsen komputer termasuk Intel untuk turut serta menghadirkan komputer berukuran kecil dan hemat daya.

Intel mejawab tantangan pasar PC DIY berukuran mini ini dengan komputer yang disebut dengan Intel NUC yang berukuran mungil dengan lebar hanya 4,5 inci saja, tak lebih lebar dari layar smartphone terkini.

Meski Intel NUC adalah komputer mini, Intel membekalinya dengan spesifikasi yang tak semungil bentuknya. Tak tanggung-tanggung, Intel menyematkan spesifikasi setingkat Ultrabook kedalam PC mungil ini.

Intel NUC ditenagai oleh prosesor Core i3 3217U yang merupakan prosesor Intel Core generasi ketiga atau yang sering disebut sebagai Ivy Bridge. Prosesor Core i3 3217U dalam NUC ini ditandemkan dengan chipset Intel Q77 Express Chipset serta grafis dari Intel HD Graphics 4000.

Intel NUC again

Intel NUC ini memang tak membawa memori RAM dan media penyimpanan pada paket penjualannya, sesuai dengan semangat DIY, pengguna dapat memilih merk RAM dan jenis media penyimpanan yang disukai.

Komputer mini besutan Intel ini dilengkapi 2 port HDMI, port ethernet, slot mSATA, slot PCI-E serta dukungan memori RAM DDR 3 1600/1333/1055 MHz. Intel menawarkan beberapa model NUC yang kompatibel dengan Windows 8.

Seperti yang dilansir dari CNET (09/11/2012), Intel NUC kabarnya mulai dijual dengan harga sekitar USD $300. Sampai saat ini belum ada kepastian apakah komputer Intel NUC ini masuk pasar Indonesia atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda