Scroll to Top

6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Tenggorokan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 10 Nov 2012

sakit tenggorokan

Terkena sakit di tenggorokan memang cukup menyiksa. Untuk menelan dan berbicara terasa sakit. Tenggorokan pun terasa cukup kering sehingga kerap membuat batuk.Walhasil, mau beraktivitas yang melibatkan kerja tenggorokan pun menjadi ogah-ogahan.

Mengatasi sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa cara menyembuhkanya:

  1. Kunyah dan makan bawang putih. Bumbu dapur ini mengandung allicin yang keluar saat dikunyah. Funsinya sebagai pembunuh bakteri. Kunyahlah bawang putih dalam potongan kecil dan jangan langsung ditelan sebelum lumat.
  2. Konsumsi makanan pelega tenggorokan. Bisanya pelega tenggorokan (lozenges) dengan mudah didapatkan pada permen tertentu. Kandungan yang ada di lozenges antara lain vitamin C, pektin, dan seng. Selain berguna melembabkan tenggorokan, lozenges membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Berkumur dengan air garam yang hangat. Secara tradisional, air garam dipercaya dalam mengatasi pembengkakan dan peradangan pada tenggorokan. Berkumurlah tiga jam sekali ketika mendapati sakit di tenggorokan.
  4. Konsumsi banyak air. Tujuannya adalah mengusir bakteri yang mengumpul di tenggorokan. Minum air hangat lebih lebih disarankan saat sakit ini datang. Anda bisa minum teh atau kopi hangat, dan bisa pula menambahkan air putih hangat dengan jeruk nipis atau madu. Minum air dapat menjaga kelembaban di tenggorokan.
  5. Menghirup uap hangat. Kadang sakit tenggorokan dipicu oleh lendir dari hidung yang membuat nafas agak mampat. Salah satu solusinya adalah menghirup uap hangat. Caranya, siapkan wadah kecil berisi air hangat dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Hiruplah uapnya hingga nafas menjadi lega.
  6. Makan sup ayam. Kandungan natrium yang ada dalam kaldu ayam diyakini memiliki khasiat anti-inflamasi atau anti-radang. Sehingga, sup ayam sangat cocok untuk obat sakit tenggorokan dengan rasa yang nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda