Scroll to Top

Mobil Esemka Diluncurkan dan Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 10 Nov 2012

pameran esemka

Akhirnya mobil Esemka diluncurkan hari ini bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November. Seperti dikutip DetikOto, dalam peluncuran produk Esemka di Solo, juga diadakan pameran hingga 13 November 2012 bersama dengan puluhan mobil karya siswa SMK yang tersebar di berbagai penjuru daerah Indonesia. Setidaknya 50 mobil karya siswa SMK ikut dipamerkan.

Peluncuran dan pembukaan pameran mobil Esemka dilakukan di halaman Solo Techno Park pagi tadi (10/11) yang diresmikan oleh Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Puluhan siswa SMK tampak memadati area peresmian. Usai peresmian, Walikota Surakarta beserta Muspida setempat melakukan test drive salah satu mobil Esemka.

Dalam kesempatan tersebut, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai produsen mobil Esemka, merilis SUV Esemka Rajawali dan Pick Up Esemka Bima. Dua tipe mobil ini adalah produk PT SMK yang sudah lolos uji dan izin produksi. Keduanya siap diproduksi secara massal. Esemka Rajawali rencananya akan dibuat bermesin 2.200 cc dari sebelumnya hanya 1.500 cc.

Dalam kesempatan pameran ini, juga mulai dijaring minat konsumen yang ingin memesan. PT SMK secara resmi bisa menerima pesanan seiring dengan digelarnya pameran. Selain SUV Rajawali dan dua jenis Pick-Up Bima, PT SMK juga memamerkan Double Cabin Digdaya.

“Sebelumnya kan hanya pesan secara lisan saja, mulai besok (10/11) sudah bisa pesan secara resmi dan kita catat. Kemarin kan kita belum bisa produksi jadi tidak kita iya-kan, tapi juga tidak kita tolak,” kata Sulistyo Rabono, Direktur PT SMK, dikutip Antara.

Selama pameran berlangsung, pengunjung yang berminat bisa melakukan pemesanan dengan uang tanda jadi Rp 2 juta. Ketika persyaratan administrasi sudah dipenuhi, pembeli bisa melakukan pembayaran down payment (DP) sejumlah 30 persen dari harga deal transaksi. Seperti dikutip dari laman Joglosemar, PT SMK selanjutnya akan membuatkan mobil pesanan. Saat mobil selesai, pembeli bisa melunasi kekurangan pembayaran dan mobil akan dikirim ke rumah.

Pabrik PT SMK yang baru berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Tahun 2013 diperkirakan sudah selesai, sehingga bisa menambah kapasitas produksi. Saat ini mobil Esemka dirakit di Solo Techno Park dan perusahaan rekanan yang ada di Cikarang. Dengan selesainya pabrik ini, wilayah Solo akan dijadikan assembly line.

Foto Solopos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda