Scroll to Top

5 Kebiasaan Harian yang Merugikan Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 10 Nov 2012

ingkar janji

Mungkin Anda tidak menyangka jika kebiasaan Anda sehari-hari bisa mempunyai efek samping pada kesehatan. Kebiasaan membuang sampah sembarangan mungkin satu contoh yang wajar. Tapi, kebiasaan lain yang mungkin tidak Anda duga pun sebenarnya sebagiannya juga mempengaruhi kesehatan jika dilakukan terus menerus. Simak beberapa kebiasaan tersebut yang dinukil dari Times of India:

  1. Berbohong. Ketidakjujuran membawa akibat buruk bagi kesehatan mental. Sebuah studi mengatakan, berbohong akan meningkatkan hormon kortisol yang berujung pada stres. Akibatnya, Anda menjadi lebih sulit tidur, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan selalu dalam kondisi cemas.
  2. Melalaikan istirahat siang kala bekerja. Sebagian orang kerap melupakan untuk makan siang di tengahnya menumpuknya pekerjaan. Padahal, istirahat siang itu penting. Selain bisa meringankan tingkat stres, istirahat siang dapat membuat fisik menjadi aktif bergerak dan menjauhkan diri dari kuman. Sebuah studi mengatakan, jumlah bakteri di tempat kerja ternyata 400 kali lebih banyak dari bakteri di toilet.
  3. Rajin mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Memang penting segera menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Namun, ketika Anda terlalu memforsir tenaga maka dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stres. Sesekali Anda perlu menunda pekerjaan rumah tangga untuk melakukan rileksasi dan bersantai.
  4. Sering menggunakan ATM. Tahukah Anda? Ternyata mesin ATM sama joroknya dengan toilet umum. Para ahli menemukan adanya kesamaan jenis bakteri yang ada di tombol mesin ATM dengan toilet. Bisa jadi, bakteri ini terbawa dari toilet dengan perantaraan jari.
  5. Mengingkari janji. Ini sama halnya dengan orang berbohong. Orang yang terlalu sering tidak menepati janji cenderung menjadi penyendiri dan erat hubungannya dengan naiknya tingkat stres. Jika seseorang mau bersosialisasi, maka dia memiliki tingkat stres yang rendah yang berujung pada baiknya kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda