Scroll to Top

Cara Mencegah Asma Kambuh

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 10 Nov 2012

asma

Orang yang memiliki asma memang mesti berhati-hati dengan berbagai situasi. Pasalnya, pemicu serangan asma macamnya banyak. Orang yang asmanya kambuh dan tidak segera mendapat pertolongan bisa mengancam jiwa. Oleh karena itu, jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki penyakit asma sebaiknya lakukan langkah pencegahan sebagai berikut:

  1. Bersihkan debu di rumah. Debu dapat menjadi alergen dan mengganggu pernafasan. Bersihkan debu yang menempel dengan kain basah untuk memastikan debu terangkat.
  2. Singkirkan berbagai penyebab masuknya hewan penganggu ke dalam rumah. Misalnya, segera buang sampah di rumah ke tempat penampungan sampah. Kecoa, kutu, tikus, dan hama lainnya bisa menjadi pemicu serangan asma.
  3. Hindari merokok dalam rumah. Asap rokok adalah musuh besar bagi penderita asma. Selain asap rokok, asap yang muncul dari sulutan apai juga dapat menjadi penyebab.
  4. Menjaga diri dari perubahan cuaca. Perubahan cuaca saat ini memang tidak bisa ditebak. Kadang panas, seketika pula dapat dingin. Oleh karena itu, persiapkan kondisi sekitar dalam menghadapi perubahan cuaca ini.  Udara dingin bisa memicu asma. Persiapkan lingkungan agar menjadi hangat. Selain itu, pada musim tertentu banyak serbuk sari bunga yang beterbaran. Lebih baik tinggal di rumah selama musim penyerbukan bunga terjadi. Serbuk sari adalah alergen yang menyebabkan asma.
  5. Cuci karpet dan pakaian secara rutin. Debu dan kotoran yang menempel pada keduanya dapat memicu asma.
  6. Kalau Anda juga memiliki sinus, selain asma, segeralah menemui dokter untuk mendapatkan saran terbaik menghadapi keduanya.
  7. Bersihkan berbagai tempat dari jamur. Jamur adalah alergen yang positif memicu asma. Pada musim seperti ini, perkembangan jamur cukup cepat. Jadi, bersihkanlah tempat-tempat yang bisa menjadi tempat tumbuh jamur.
  8. Jauhkan penderita asma dari hewan berbulu. Bulu bisa memicu asma.
  9. Jagalah emosi penderita asma agar selalu mendapat mood yang baik. Rasa marah, terlalu sedih, takut, atau berteriak dapat membangkitkan asmanya.
  10. Aroma parfum yang menyengat bisa menjadi alasan kambuhnya asma. Jika penderita asma tidak nyaman dengan bau-bauan, singkirkan dari dirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda