Scroll to Top

Mallorca vs Barcelona 2-4: Lionel Messi Dua Gol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 12 Nov 2012

Barcelona

Ketika Lionel Messi mencetak gol, Barcelona bangkit dari kekalahan. Sempat diguncang kala takluk 2-1 oleh Glasgow Celtic, kini pasukan Tito Vilanova sukses menciptakan hasil pertandingan Mallorca vs Barcelona skor 2-4 pada Senin, 12 November 2012. Selain Lionel Messi yang memborong dua gol, Xavi Hernandez dan Cristian Tello turut menjadi pencetak skor Barcelona vs Mallorca. Hasil Liga Spanyol ini membawa Barca semakin kokoh di puncak klasemen, sekaligus menciptakan sejarah baru di La Liga. Klub Catalan mengantongi 10 kemenangan dari 11 pertandingan!

Pelatih Tito Vilanova memainkan Gerard Pique sejak menit pertama dalam pertandingan Barcelona vs Mallorca. Jawaban atas kritik selama ini, bahwa Barca terlalu mudah terbobol. Sementara itu, Real Mallorca seperti biasa memakai formasi 4-2-3-1 dengan mengandalkan seorang Tomer Hemed sebagai juru gedor.

Bermain di depan publik sendiri di Iberostar Estadi, Real Mallorca berusaha tampil lebih menggigit dari tim tamu pada menit-menit awal. Namun, pada akhirnya superioritas Barcalah yang berbicara. Setelah menyaksikan penyelamatan gemilang Victor Valdes atas upaya Tomer Hemed di menit 22, Barcelona sukses unggul dua menit menjelang setengah jam. Tendangan bebas terukur Xavi Hernandez membuat pagar betis yang dibangun Mallorca sia-sia. 0-1, dan Barca tak bisa dihentikan.

Dua menit terakhir babak pertama menjadi momen paling menyeramkan bagi Real Mallorca. Dua kali mereka dipukul Barca dengan cara yang terlalu mudah. Kejadian pertama berlangsung di menit 44. Lionel Messi, yang dalam dua pertandingan sebelumnya demikian sulit mencetak gol lewat peluang-peluang mengesankan, menciptakan gol berbau keberuntungan. Tembakan datarnya dari luar kotak penalti, tak terlalu berbahaya sampai Dudu Aouate gagal menangkap bola yang semestinya gampang lekat di tangan.

Barcelona 2

Gol ke-14 King Leo di Liga Spanyol, menyentak kiper Israel dan selang semenit, Cristian Tello yang bergerak dari sisi kanan pertahanan lawan, melepaskan tembakan yang lagi-lagi, sebenarnya ada di jangkauan kiper Mallorca. Namun, takdir berkata lain untuk Aouate. 45 menit pertama, gawangnya kemasukan tiga kali.

Jika sebelum turun minum, Barca memperoleh dua gol mudah, maka babak kedua keadaan berputar balik dengan cepat. Kecerobohan lini belakang tim Catalan membuat Real Mallorca mempertipis jarak hanya dalam rentang tiga menit. Pertama, umpan lambung cantik Victor Casadesus menemukan Michael Perreira yang demikian lowong di kotak penalti Blaugrana. Tembakan volinya membobol gawang Victor Valdes dan meninggalkan kegeraman bagi Javier Mascherano.

Beberapa saat kemudian, Sergio Busquets didakwa menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Wasit Ignacio Iglesias menunjuk titik putih dan Victor Casadesus membuat asa Iberostar Estadi yang sempat runtuh, kembali mengembang.

Upaya Tito Vilanova memasukkan Alexis Sanchez, berbuah di menit 69. Umpan lambung Cesc Fabregas disodorkannya dengan dada pada Lionel Messi. Lalu, dengan dua sentuhan, sekali lagi King Leo menaklukkan Dudu Aouate. Para pemain Mallorca memprotes gol tadi karena Alexis dianggap sudah off side, tapi wasit bergeming. Gol tersebut sendiri menandakan keberhasilan Messi melampaui Pele dalam urusan kesuburan mencetak gol dalam setahun.

Skor 2-4 bertahan hingga ujung pertandingan. Dan untuk ke-10 kalinya dalam 11 pertandingan awal Liga Spanyol, Barca mereguk kemenangan. 31 angka yang didapatkan, akan selalu membuat 19 klub lain bertanya-tanya. Siapa yang akan menjadi tim penakluk pasukan Tito Vilanova pertama kali?

    Mallorca       Barcelona
5(3) Tembakan (Tepat Sasaran) 12(5)
18 Pelanggaran 6
6 Tendangan sudut 6
2 Offside 2
23% Ball Possessions 77%
1 Kartu Kuning 1
0 Kartu Merah 0
1 Penyelamatan 1

Mallorca (4-2-3-1):13-D. Aouate; 27-Ximo (35-Marc Fernández 82′), 14-Pedro Geromel, 4-Anderson Conceição, 17-Pedro Bigas; 19-Jose Martí (24-Fontàs 73′), 5-Pina; 7-M. Pereira, 18-Víctor, 8-Nsue, 10-T. Hemed (21-Alfaro 46′)

Pelatih: Joaquín Caparrós

Barcelona (4-3-3):1-Valdés; 2-Dani Alves, 3-Piqué, 14-J. Mascherano (15-Bartra84′), 18-Jordi Alba (19-Martín Montoya 87′); 4-Fàbregas, 6-Xavi; 16-Busquets; 10-L. Messi, 7-David Villa (9-A. Sánchez ’66), 37-Tello

Pelatih: Tito Vilanova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda