Scroll to Top

KPSI Tolak Keinginan Menpora Soal Timnas Indonesia

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 12 Nov 2012

La Nyalla Mattalitti

KPSI rupanya tetap tidak mengizinkan para pemain yang berlaga di klub ISL, untuk bergabung dengan Timnas Indonesia PSSI. Langkah KPSI ini sebagai jawaban terhadap permintaan Menpora Andi Malarangeng, melalui surat resminya.

Pernyataan sikap KPSI ini di dapat setelah organisasi yang bersebrangan dengan PSSI itu menggelar rapat Exco di Hotel Garden Palace Surabaya, Sabtu (10/11/2012) malam.

Dalam rapat yang dihadiri delapan Komite Eksekutif KPSI, anggota Joint Comittee (JC) dari pihak KPSI serta jajaran PT Liga Indonesia, memang menjadikan surat resmi dari Menpora sebagai pokok yang akan dibahas.

Dan setelah diadakan pertemuan, KPSI mengambil sikap untuk tetap tidak mengizinkan bagi klub ISL untuk memperkuat Timnas Indonesia versi PSSI Djohar Arifin.

“Kami sudah melakukan kordinasi dengan klub-klub yang pemainnya dipanggil ke ISL, maka kami putuskan untuk tidak memenuhi permintaan Menpora” tegas Tigor Shalomboboy.

Tigor juga menjelaskan bahwa keputusan ini diambil dengan pertimbangan bahwa pemanggilan pemain tidak sesuai Joint Comittee dan penentuan pelatih tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Ini merupakan hasil koordinasi dengan klub-klub di bawah KPSI yang juga menginginkan hal tersebut. Alasan yang paling utama adalah karena tidak melalui Joint Comittee dan penentuan pelatih tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan” tambah Tigor seperti yang dilansir Kompas.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, PSSI telah mengirimkan surat resmi kepada sejumlah klub ISL agar mengizinkan pemainnya membela Timnas Indonesia di Piala AFF.

Dari 35 nama yang didaftarkan 24 Oktober 2012 kemarin, PSSI memasukan beberapa pemain yang berasal dari ISL yaitu I Made Wirawan dan Firman Utina (Persib Bandung), Bambang Pamungkas (Persija), Ahmad Bustomi dan Hamka Hamzah (Mitra Kukar), serta Patrich Wanggai (Persipura Jayapura).

Namun hingga saat ini, baru Bambang Pamungkas yang telah bergabung dengan Nil Maizar mengikuti pemusatan latihan timnas tahap III di Jakarta.

Sedangkan para pemain lainnya mengaku pasrah, jika klub tidak mengizinkannya membela skuad Garuda di turnamen yang diselenggarakan pada 24 November hingga 22 Desember 2012 tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda