Scroll to Top

Strategi Khusus Andre Villas-Boas di Chelsea

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 13 Aug 2011

Andre Villas-Boas boleh saja masih berusia 33 tahun. Ia dipastikan menjadi manajer termuda dalam Premier League musim depan. Namun, bukan berarti ia tidak bisa tegas. Baru-baru ini, pelatih yang musim lalu sukses membawa Porto menjuarai empat gelar ini, menunjukkan “ketatnya disiplin” ala dirinya terhadap skuad The Blues Chelsea.

Beberapa peraturan Villas-Boas untuk skuad Chelsea di antaranya:

1.        Pada hari-hari latihan, pemain mesti sarapan dan makan siang bersama;

2.       Pemain beragama Islam seperti Nicolas Anelka dan Salomon Kalou tetap harus duduk bersama rekan-rekannya selama sarapan dan makan siang demi menjaga keutuhan tim; walaupun tentu saja selama Ramadhan yang kebetulan bertepatan dengan Agustus plus awal kompetisi Premier League, mereka dipastikan cuma “bisa menonton” lahapnya John Terry menyantap makanan.

3.       Suara berisik dalam bentuk apa pun dilarang selama masa latihan. Konon, seorang tukang kebun yang bekerja di sekitar tempat latihan Chelsea juga terkena “dampak kedisiplinan” ini. Ia mesti mengalah hingga latihan selesai.

4.      Andre Villas-Boas memutuskan bahwa Chelsea mesti berseragam putih selama latihan. Artinya, seragam training warna hitam yang dipromosikan pada awal musim, tidak dipakai lagi.

Entah seberapa efektifnya gaya kepelatihan ini, tidak ada yang tahu. Yang jelas, berada di skuad multibintang seperti Chelsea, Andre Villas-Boas dinaungi banyak tuntutan. Apalagi sang pemilik klub, Roman Abramovich, sangat penasaran dengan Liga Champions.

Tercatat, Claudio Ranieri, Jose Mourinho, Avram Grant, Luiz Felipe Scolari, dan Carlo Ancelotti belum bisa memboyong lambang supremasi terbesar antar klub Eropa tersebut. Musim ini, jika Villas-Boas gagal mendapatkannya, bukan tidak mungkin ia akan masuk ke dalam zona merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda