Scroll to Top

Auguste Rodin Doodle Pematung Modern Asal Perancis

By Ika / Published on Monday, 12 Nov 2012

Rodin

Auguste Rodin dikenal sebagai seniman asal Perancis dan dianggap sebagai pematung terbesar saat ini. Dan hari ini, Google memperingati ulang tahun Auguste Rodin yang ke 172. Auguste Rodin lahir pada 12 November 1840 dan meninggal di usia 77 tahun pada 17 November 1917.

Auguste Rodin yang tidak pernah masuk sekolah seni terkemuka ini memang menyukai seni dan belajar otodidak, Rodin bahkan mulai menggambar sejak usia 10 tahun. Di usia belasan, ia masuk ke sekolah menengah yang fokus pada pendidikan seni dan matematika. Di sekolah inilah, bakat seni Rodin mulai diakui oleh guru-gurunya.

Walau begitu Rodin sempat mengalami perjalanan hidup yang tak sesuai keinginannya. Lulus sekolah menengah, ia ingin melanjutkan ke sekolah jurusan seni namun gagal. Ia juga pernah tinggal di sebuah biara sambil memahat patung, tapi patung-patung karyanya malah berakhir di loteng karena Rodin tidak pernah puas.

Pada tahun 1864, Rodin mulai menemukan ciri khasnya dalam memahat setelah bertemu dengan Rose Beuret, penjahit wanita 20 tahun yang kemudian menjadi model sekaligus istrinya. Sejak saat itu, karir Rodin dalam seni memahat semakin berkembang.

Rodin yang pernah bekerja sama dengan seniman-seniman terkemuka seperti Donatello dan Michaelangelo ini memiliki keistimewaan. Ia adalah seniman naturalis, menciptakan sebuah karya seni yang seolah memiliki emosi, dan itu terlihat dari detail lekukan pahatan, tektur permukaan, maupun dari bayangan yang diciptakan.

Karyanya yang paling dikenal adalah Le Penseur (Pemikir) dan Le Baiser (Ciuman). Tahun 1880, ia ditugaskan membuat proyek terkenal The Gates of Hell. Namun sampai Rodin meninggal dunia, proyek itu belum juga selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda