Scroll to Top

Apple Bayar Lisensi USD 21 Juta untuk Gunakan Ikon Jam di iPad

By Ibnu Azis / Published on Monday, 12 Nov 2012

Apple iPad Desain Jam

Apple harus membayar lisensi untuk gunakan ikon jam di iPad senilai USD 21 juta. Setidaknya perusahaan yang dikomandoi Tim Cook ini wajib merogoh kocek sekitar Rp 200 milar pada Schweizerische Bundesbahnen pemilik hak cipta desain jam tersebut.

Desain jam ini diracang oleh Hans Hilfiker pada tahun 1940-an dan dianggap sebagai simbol perusahaan dan negara (Swiss). Swiss Federal Railways, pemilik lisensi mengacam akan menempuh jalur hukum. Namun dalam beberapa minggu kemudian Apple menawarkan lisensi untuk desain tersebut.

Sebagai pemutakhiran dari iOS 6, bulan September lalu Apple merilis sebuah ikon jam baru untuk iPad. Tak selang lama kemudian perusahaan ini ‘dituduh’ menyalin desain dari perusahaan Swiss Federal Railways.

Untuk angka lisensi itu sendiri tidak banyak terungkap di publik. Namun publikasi lokal Tages-Anzeiger menyebut estimasi di angka USD 21 juta.

Selain menjadi simbol nasional negara, desain jam tersebut juga mendapatkan pengharaan dari Museum Art di New York Amerika Serikat. Selain itu juga diganjar penghargaan dari London Design Museum.

Patricia Claivaz juru bicara Schweizerische Bundesbahnen berujar jika fihaknya sejatinya bangga desain mereka di-copy oleh Apple. Mereka tak memiliki niatan untuk meminta ‘jatah’ atas pelanggran hak cipata yang dilakukan.

Setelah kasus ini mencuat, Apple tak ingin berlarut-larut dengan persoalan ini. Mereka memutuskan untuk membayar lisensi dengan nilai yang telah disepakati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda